Lithuania Beli Sistem Roket HIMARS Hingga Rudal Taktis ATACMS

Pertemuan antara Menteri Pertahanan Lithuania, Arvydas Anusauskas dengan Menteri Pertahanan Amerika Serikat (A.S.), Lloyd J. Austin III di Pentagon, Washington DC, AS, tanggal 15 Desember 2022, menggarisbawahi pentingnya kontrak yang baru saja ditandatangani untuk akuisisi Sistem Roket Artileri Mobilitas Tinggi (HIMARS) bagi pertahanan nasional Lithuania.

Menurut Menteri Pertahanan Arvydas Anusauskas, sistem roket jarak jauh merupakan langkah baru menuju kemampuan militer Lithuania yang lebih kuat karena secara signifikan akan meningkatkan kekuatan pertahanan Angkatan Bersenjata Lithuania.

“Saya senang penandatanganan akuisisi sistem penting ini telah selesai tahun ini. Sekarang pembicaraan kami dengan A.S. berlanjut untuk membahas integrasi HIMARS – pelatihan personel, dan pemeliharaan. Sangat penting bahwa HIMARS dibeli oleh negara Baltik. Kami telah dan akan bekerja sama secara aktif dengan Latvia dan Estonia dalam mengembangkan kemampuan ini dan meningkatkan keamanan seluruh kawasan. Pengiriman pertama HIMARS dijadwalkan berlangsung pada tahun 2025,” ujar Menteri Pertahanan Lithuania A. Anušauskas.

Rudal Taktis M57A1 Army Tactical Missile System (ATACMS) ditembakkan dari Sistem Roket Artileri Mobilitas Tinggi (HIMARS) M142
Rudal Taktis M57A1 Army Tactical Missile System (ATACMS) ditembakkan dari Sistem Roket Artileri Mobilitas Tinggi (HIMARS) M142 (@ (U.S. Army)

Sistem Rudal Taktis ATACMS

Kontrak akuisisi Sistem Roket Artileri Mobilitas Tinggi (HIMARS) M142 yang ditandatangani mencakup pengadaan: 8 peluncur dengan amunisi aktif dan kosong, termasuk berbagai jenis pod peluru kendali, misalnya: Sistem Rudal Taktis / Army Tactical Missile System (ATACMS) dengan jangkauan efektif 300 km, ungkap laman Kementerian Pertahanan Lithuania, 16/12/2022.

Lithuania juga membeli peralatan pelatihan dan pemeliharaan sistem, layanan untuk pelatihan personel, integrasi sistem, dan koneksi dengan Sistem Pertahanan Udara dan Rudal Terpadu NATO (NATINAMDS).

Baca juga: Polandia Beli 1000 MBT K2 Black Panther dan 672 Howitzer K9A1 Thunder

Kesepakatan itu dinilai bernilai kira-kira USD 495 juta. Pemerintah A.S. akan melakukan pemesanan dengan kontraktor penjualan utama, perusahaan Lockheed Martin.

Sistem roket artileri yang diperoleh kompatibel dengan teknologi lain yang digunakan di Angkatan Bersenjata Lithuania, oleh karena itu lebih mudah untuk diintegrasikan ke dalam rencana pertahanan yang ada dan meningkatkan pencegahan.

Pertemuan Menteri Pertahanan Lithuania, Arvydas Anusauskas dengan Menteri Pertahanan A.S, Lloyd J. Austin, 15/12/2022.
Pertemuan Menteri Pertahanan Lithuania, Arvydas Anusauskas dengan Menteri Pertahanan A.S, Lloyd J. Austin, 15/12/2022. (@ U.S. Department of Defense)

Menteri Pertahanan AS, Lloyd J. Austin III menegaskan kembali kepada Menteri Pertahanan Lithuania komitmen A.S. untuk memperkuat keamanan Lithuania dengan kehadiran pasukan yang gigih di negara tersebut dan menyatakan terima kasih atas Dukungan Negara Tuan Rumah yang diberikan kepada pasukan Sekutu.

Lloyd J. Austin III memusatkan perhatian secara substansial pada isu Ukraina pada pertemuan tersebut, dan menggarisbawahi komitmen mendalam AS untuk mendukung negara tersebut karena menentang agresi Rusia dan mempertahankan haknya untuk hidup.

Menteri Pertahanan AS juga berterima kasih kepada Lithuania atas dukungan militer tanpa henti dan bantuan pelatihan ke Ukraina yang secara signifikan memajukan pertahanan dirinya, dan menyambut baik peningkatan belanja pertahanan yang kuat dan investasi dalam kemampuan baru.

“Kehadiran militer AS di Lithuania dan negara-negara Baltik lainnya tetap menjadi salah satu pencegah utama terhadap Rusia. Saya menyambut baik keputusan A.S. untuk mempertahankan kehadiran pasukan A.S. yang berkelanjutan dan gigih di Lithuania. Atas nama kami, kami terus berinvestasi dan meningkatkan infrastruktur yang diperlukan untuk kedatangan dan kehadiran pasukan AS yang dikerahkan dan kami siap untuk memastikan kondisi yang diperlukan untuk menjaga kesiapan mereka,” kata A. Anušauskas.

Amerika Serikat adalah mitra Lithuania dan salah satu Sekutu utama untuk keamanan kawasan Baltik. Amerika Serikat secara aktif berkontribusi pada jaminan keamanan di negara-negara Baltik, menyumbangkan pasukan, keuangan, dan peralatan untuk pertahanan kawasan sehingga memperkuat keamanan dan stabilitas kawasan.

M142 High Mobility Artillery Rocket System (HIMARS) atau Sistem Artileri Roket Mobilitas Tinggi M142.
M142 High Mobility Artillery Rocket System (HIMARS) atau Sistem Artileri Roket Mobilitas Tinggi M142. (@ USMC , 2nd Marine Division – Pfc. Sarah Pysher)

List Alutsista untuk Lithuania.

Pada tanggal 9 November 2022, Departemen Luar Negeri A.S. telah membuat persetujuan untuk penjualan peralatan militer kepada Pemerintah Lithuania berupa Peluncur Sistem Roket Artileri Mobilitas Tinggi (HIMARS) M142 dan peralatan terkait dengan perkiraan biaya $495 juta.

Badan Kerja Sama Keamanan Pertahanan (DSCA) AS mengirimkan sertifikasi yang diperlukan untuk memberi tahu Kongres AS tentang kemungkinan penjualan itu pada 9/11/2022.

Adapun permintaan Pemerintah Lithuania untuk pembelian:

  • Delapan (8) Sistem Peluncur Roket Artileri Mobilitas Tinggi (HIMARS) M142;
  • Tiga puluh enam (36) M30A2 Guided Multiple Launch Rocket System (GMLRS) Alternative Warhead (AW) Missile Pods with Insensitive Munitions Propulsion System (IMPS);
  • Tiga puluh enam (36) Pod Rudal Unitary High Explosive (HE) M31A2 GMLRS;
  • Tiga puluh enam (36) XM403 Extended Range GMLRS (ER GMLRS) Pod Rudal Alternatif Warhead (AW) dengan IMPS;
  • Tiga puluh enam (36) XM404 Extended Range GMLRS (ER GMLRS) Unitary Pods with IMPS
  • Delapan belas (18) M57 Army Tactical Missile System (ATACMS) Missile Pods
  • Juga termasuk M28A2 Low Cost Reduced Range Practice Rocket (LCRRPR) pods; International Field Artillery Tactical Data System (IFATDS); battle management system Vehicle Integration Kits; serta unsur pendukung program dan logistik dengan perkiraan biaya $ 495 juta.

*photo cover: doc. Rudal Taktis M57A1 Army Tactical Missile System (ATACMS) ditembakkan dari Sistem Roket Artileri Mobilitas Tinggi (HIMARS) M142 (@ (U.S. Army)

Tinggalkan komentar