Finlandia Pesan Rudal Pertahanan Bolide Swedia dan Roket Israel

Kementerian Pertahanan Finlandia memutuskan untuk membeli rudal pertahanan udara setelah memberi wewenang kepada Angkatan Pertahanan untuk memesan rudal pertahanan udara Bolide, yang akan dikirimkan oleh Saab Dynamics AB, Swedia.

Pengadaan tambahan rudal Bolide merupakan bagian dari rencana untuk meningkatkan kesiapan operasional dan kinerja sistem rudal pertahanan udara, kata Menteri Pertahanan Finlandia Antti Kaikkonen, dikutip laman Kementerian Pertahanan Finlandia, 12/12/2022.

Nilai keseluruhan pengadaan, tanpa pajak pertambahan nilai, adalah EUR 76,6 juta, dan akan dibiayai dari anggaran tambahan kedua, termasuk dana tambahan untuk pengadaan material pertahanan yang diluncurkan dengan cepat.

Baca juga: Lithuania Beli Sistem Roket HIMARS Hingga Rudal Taktis ATACMS

Rudal Pertahanan Bolide

Rudal pertahanan Udara Bolide adalah generasi penerus dari RBS 70 Mk.2, dengan jangkauan yang lebih jauh, dan juga penetrasi lapis baja yang meningkat.

Bolide pertama kali diperkenalkan pada tahun 2005, dengan kinerja yang meningkat secara radikal dengan menggunakan penglihatan pencitraan termal BORC, dan memiliki dioda laser yang tidak didinginkan (model sebelumnya memerlukan pendingin Freon).

Rudal new BOLIDE dapat mengalahkan berbagai target, termasuk target darat dan permukaan.

doc. RBS 70 (Robotsystem 70) man-portable air-defense system (MANPADS) yang dirancang untuk peperangan antipesawat.
doc. RBS 70 (Robotsystem 70) man-portable air-defense system (MANPADS) yang dirancang untuk peperangan antipesawat. (@ U.S. Army Pacific Public Affairs Office – Lance Cpl. Alyssa Chuluda)

BOLIDE memiliki jangkauan intersep 8.000 meter dan cakupan ketinggian lebih dari 5.000 meter.

Dengan rudal BOLIDE, RBS 70 Mk.2 maupun RBS 70 NG memberikan efek tinggi terhadap spektrum ancaman lengkap dari Pesawat Fix Wing, Rotary Wing, hingga target kecil seperti rudal jelajah dan UAV, hingga kisaran 8 km dan dengan jangkauan ketinggian lebih dari 5.000 meter.

Gabungan muatan berbentuk dan hulu ledak yang telah terfragmentasi membuat sistem secara unik mampu mengalahkan target udara lapis baja seperti helikopter serang dan pesawat CAS serta target darat lapis baja seperti APC.

Baca juga: Polandia Beli 1000 MBT K2 Black Panther dan 672 Howitzer K9A1 Thunder

Pengadaan Roket 122 mm.

Kementerian Pertahanan Finlandia juga memutuskan pengadaan roket 122 mm.

Angkatan Pertahanan Finlandia akan mendapatkan roket jarak jauh 122 mm untuk artileri lapangan dari Israel, yang akan digunakan untuk peluncur roket ringan 122 mm, ungkap laman Kementerian Pertahanan Finlandia, 12/12/2022.

Menurut Menteri Pertahanan Antti Kaikkonen, roket akan sangat meningkatkan serta melengkapi kinerja sistem persenjataan militer.

Pengadaan akan dibiayai dari anggaran tambahan yang mencakup dana tambahan untuk pengadaan material pertahanan yang diluncurkan dengan cepat, kata Menteri Kaikkonen.

Nilai keseluruhan pengadaan tanpa pajak pertambahan nilai adalah sekitar EUR 70 juta.

*photo cover: doc. RBS 70 (Robotsystem 70) man-portable air-defense system (MANPADS) yang dirancang untuk peperangan antipesawat. (@ U.S. Army Pacific Public Affairs Office – Lance Cpl. Alyssa Chuluda)

Tinggalkan komentar