Jakarta Greater

Slovakia Pesan 152 Kendaraan Tempur Infanteri CV9035 BAE Systems

Infantry Fighting Vehicle (IFV) CV90MkIV. (@BAE Systems Hägglunds)

Menteri Pertahanan Slovakia Jaroslav Naď menjamu Menteri Pertahanan Swedia yang baru, Pål Jonson, di Kementerian Pertahanan Slovakia di Bratislava, 14/12/2022, untuk membahas persoalan invasi Rusia ke Ukraina, kerja sama persenjataan Slovakia-Swedia, dan proses aksesi Swedia ke NATO.

Dalam pembicaraan dengan mitranya dari Swedia, Menteri Pertahanan Slovakia menghargai Swedia karena terlibat dalam modernisasi Angkatan Bersenjata Slovakia yang sangat dibutuhkan.

Pada pertemuan di Stockholm, 12 Desember 2022, perwakilan Kementerian Pertahanan Slovakia (SVK) dan Swedia (SWE) menandatangani perjanjian pemerintah-ke-pemerintah (G2G) untuk pengiriman 152 kendaraan tempur infanteri (IFV) CV9035 BAE Systems dan Kontrak terkait, ungkap laman Kementerian Pertahanan Slovakia, 15/12/2022.

Menteri Pertahanan Slovakia Jaroslav Naď bertemu Menteri Pertahanan Swedia Pål Jonson, di Bratislava, Slovakia, 14/12/2022. (@ Slovakia Ministry of Defense)
Menteri Pertahanan Slovakia Jaroslav Naď bertemu Menteri Pertahanan Swedia Pål Jonson, di Bratislava, Slovakia, 14/12/2022. (@ Slovakia Ministry of Defense)

Kesepakatan itu membuka peluang baru untuk kerja sama yang lebih dalam dan lebih intens.

Menteri Pertahanan Slovakia Jaroslav Naď mengatakan: “IFV roda rantai ini merupakan prasyarat mendasar bagi Slovakia untuk dapat mencapai tujuannya mempertahankan Brigade Mekanik Beratnya, yang dinyatakan oleh pemerintah sebelumnya di bawah Target Kemampuan NATO kami. Jadi, kami telah mengambil langkah tegas menuju itu. Saya sangat senang bahwa kendaraan canggih ini akan memasuki layanan operasional dengan Angkatan Bersenjata Slovakia dan bahwa kerja sama antara negara kita akan tumbuh dan menjadi lebih intens.”

Menteri Pertahanan Slovakia Jaroslav Naď bertemu Menteri Pertahanan Swedia Pål Jonson. (@ Slovakia Ministry of Defense)
Menteri Pertahanan Slovakia Jaroslav Naď bertemu Menteri Pertahanan Swedia Pål Jonson. (@ Slovakia Ministry of Defense)

Menghargai kualitas kerja sama pertahanan SVK-SWE dan dialog yang intens, Menteri Pertahanan Kerajaan Swedia Pål Jonson mengatakan: “Kami melakukan beberapa diskusi menarik tentang topik terkini yang berkaitan dengan keamanan, kerja sama, dan dukungan kami. Saya sangat menghargai dukungan Slovakia untuk masuknya Swedia ke NATO dan saya juga ingin berterima kasih kepada Slovakia karena telah mendukung Ukraina – ini penting bagi kami dan juga bagi semua orang Eropa.”

Baca juga: “Ring Swap Deal”, Slovakia Dapatkan 15 MBT Leopard 2A4 dari Jerman

Menteri Pertahanan Jonson memuji Slovakia atas keputusannya membeli CV9035 untuk Angkatan Bersenjata Slovakia. Platform yang terbukti dalam pertempuran ini telah melihat layanannya di beberapa teater operasi, termasuk di Afghanistan. Menteri Jonson juga berterima kasih atas transparansi dan efisiensi seluruh proses pengadaan.

CV90MkIV IFV
Infantry Fighting Vehicle (IFV) CV90MkIV. (@BAE Systems Hägglunds)

Pembelian Slovakia berdasarkan perjanjian G2G atas 152 CV9035, juga dikenal sebagai CV90 MkVI, dipersenjatai dengan meriam 35 mm, telah disetujui oleh Pemerintah SVK pada akhir Juni 2022.

Total biaya pembelian, termasuk platform dan infrastruktur, diperkirakan sebesar €1,688 miliar termasuk PPN. Pengiriman batch pertama IFV CV9035 dijadwalkan pada tahun 2026, dimana mereka akan secara bertahap menggantikan IFV berusia setengah abad yang beroperasi dengan Angkatan Darat Slovakia.

*photo cover: Infantry Fighting Vehicle (IFV) CV90MkIV. (@BAE Systems Hägglunds)

Share:

Facebook
Twitter
Pinterest

Penulis:

Rojes Saragih

Tinggalkan komentar

Follow Us