Menhan Rusia: F-22 AS Kawal Bomber Tu-95 di Arktik

Jet tempur siluman F-22 Raptor mengawal Bomber Tu-95 Bear © KSiOM and USAF mixed by JakartaGreater.com

JakartaGreater.com – Pesawat pembom (bomber) strategis Rusia, Tu-95 “Bear” lakukan penerbangan rutin di atas Samudra Arktik, Laut Bering dan Laut Okhotsk dan dikawal oleh jet tempur siluman F-22 AS pada beberapa tahap, tutur Kementerian Pertahanan Rusia pada Jumat, seperti dilansir dari laman TASS.

Sebelumnya, Washington Free Beacon yang menutip pernyataan Michael Kucharek, juru bicara Komando Pertahanan Udara Amerika Utara (NORAD), bahwa jet tempur siluman F-22 AS mencegat dua pesawat pembom jarak jauh Tu-95 Bear Rusia pada hari Sabtu.

“Pembom strategis jarak jauh Tu-95MS dari Angkatan Udara Rusia telah melakukan penerbangan terjadwal di perairan netral Samudra Arktik, Laut Bering dan Laut Okhotsk”, sebut Kementerian Pertahanan Rusia.

Melanjutkan bahwa pada beberapa bagian rute, pesawat Angkatan Udara Rusia tersebut dikawal oleh dua jet tempur siliman F-22 dari Angkatan Udara AS.

Kementerian Pertahanan itu mencatat bahwa pilot penerbangan jarak jauh dan pesawat udara marinir secara teratur melakukan penerbangan diatas perairan netral Arktik, Laut Hitam, Samudra Atlantik dan Samudera Pasifik.

Keseluruhan penerbangan itu dilakukan secara ketat sesuai dengan aturan internasional, tanpa melanggar batas-batas negara lain, demikian ditekankan oleh juru bicara Menteri Pertahanan Rusia.

Tinggalkan komentar