Jakarta Greater

Pesawat Tempur Su-30 MKI India Tembakkan Rudal Brahmos ER ke Target Kapal

Rudal Brahmos Extended Range Version diluncurkan dari pesawat tempur Su-30 MKI India.

Angkatan Udara India berhasil menembakkan rudal Brahmos Air Launched Versi Extended Range (ER) terhadap Target Kapal dari pesawat tempur SU-30MKI.

Rudal mencapai tujuan misi yang diinginkan di wilayah Teluk Benggala. Dengan ini, Indian Air Force (IAF) telah mencapai peningkatan kemampuan yang signifikan untuk melakukan serangan presisi dari pesawat SU-30MKI terhadap target darat/laut dalam jarak yang sangat jauh, ungkap laman Kementerian Pertahanan India, 29/12/2022.

Kemampuan jangkauan rudal yang diperluas ditambah dengan kinerja tinggi dari pesawat SU-30MKI memberikan IAF jangkauan strategis dan memungkinkannya untuk mendominasi medan pertempuran di masa depan. Upaya berdedikasi dan sinergis dari IAF, Angkatan Laut India, DRDO, BAPL, dan HAL telah berperan penting dalam mencapai prestasi ini, ungkap Kementerian Pertahanan India.

Pesawat Tempur Su-30 MKI India yang menembakkanRudal Brahmos Extended Range ke target kapal permukaan. (India's Ministry of Defence)
Pesawat Tempur Su-30 MKI India yang menembakkanRudal Brahmos Extended Range ke target kapal permukaan. (India’s Ministry of Defence)

Rudal Brahmos Air-Launched Cruise Missile (ACLM) dengan kemampuan serangan presisi terhadap target laut dan darat didesain oleh Perusahaan Brahmos India, untuk pesawat tempur garis depan India, Su-30MKI. Rudal dua tingkat dengan kecepatan supersonik ini memiliki jangkauan penerbangan hingga 290 km, dan terus dikembangkan jangkauannya.

Baca juga: Menteri Pertahanan Turki Sambut Pencapaian Baykar untuk Kizilelma

Rudal Brahmos ER ini akan menggunakan solid rocket booster dalam peluncuran tingkat pertamanya. Saat memasuki penerbangan tingkat kedua, motor penggeraknya berganti menjadi liquid rocket ramjet untuk terbang jelajah dengan kecepatan 3 Mach yang dilengkapi dengan fitur teknologi stealth (siluman). Dalam fase penerbangan jelajah, rudal Brahmos terbang hingga ketinggian 15 km. Namun saat mendekati sasaran (terminal altitude) rudal akan masuk ke dalam ketinggian 10 meter dari permukaan laut atau darat.

Dengan kecepatan penerbangan yang begitu tinggi, rudal ini diyakini oleh perusahaan Brahmos, akan sulit untuk ditangkis oleh sistem senjata yang ada. Kecepatan hingga 3 Mach, juga membuat energi kinetik yang dihasilkan dari tumbukan menjadi besar, di luar hulu ledak yang dibawa.

Dengan membawa hulu ledak konvensional seberat 250-300kg, rudal yang bersifat fire and forget ini juga dapat diluncurkan dari kapal selam, kapal laut, dan daratan.

Rudal Brahmos adalah usaha patungan antara Organisasi Penelitian dan Pengembangan Pertahanan India (DRDO) dengan NPO Mashinostroyeniya Federasi Rusia, yang bersama-sama membentuk BrahMos Aerospace. Rudal ini didasarkan pada rudal jelajah anti-kapal supersonik P-800 Oniks Rusia. 

*Cover image: dok. Rudal Brahmos Extended Range Version diluncurkan dari pesawat tempur Su-30 MKI India. (India’s Ministry of Defence)

Share:

Facebook
Twitter
Pinterest

Penulis:

Rojes Saragih

Tinggalkan komentar

Follow Us