Jakarta Greater

Kapal Serbu Amfibi TCG Anadolu Diinspeki Menteri Pertahanan Turki

Menteri Pertahanan Turki Hulusi Akar Inspeksi Kapal Serbu Amfibi TCG Anadolu. (Turkey's Ministry of National Defense)

Kapal serbu amfibi Anatolia yang sedang berada di laut Marmara, Turki, dikunjungi oleh Menteri Pertahanan Turki, Hulusi Akar, beserta pimpinan Turkish Armed Forces (TAF), dengan menggunakan helikopter, sebagai bagian dari uji penerimaan laut dari kapal yang biasa juga disebut TCG Anadolu (L-400).

Usai mendarat di kapal, Menteri Hulusi Akar disambut rombongan upacara serta mendapatkan topi kapal bertuliskan “TCG Anadolu”.

Dalam kunjungannya ini, Menteri Pertahanan Turki didampingi oleh Kepala Staf Umum Turki, Jenderal Yaşar Güler, Komandan Angkatan Darat Jenderal Musa Avsever, Komandan Angkatan Laut Laksamana Ercüment Tatlıoğlu serta Komandan Angkatan Udara Jenderal Atilla Gulan, ungkap laman Kementerian Pertahanan Turki, 2/1/2023.

Usai mendapat pengarahan dari Kepala Staf Angkatan Laut Turki, Laksamana Muda İsmail Guldogan, Menteri Hulusi Akar kemudian naik ke anjungan untuk melakukan inspeksi kapal.

Setelah memeriksa kapal di pusat operasi tempur, Menteri Pertahanan bertemu dengan awak kapal dan personel pembuat kapal di bagian yang disebut kolam.

“Turki bukanlah ancaman bagi siapa pun; sekutu yang andal, kuat, dan efektif”, ujar Hulusi Akar.

“Sebagai Turki, kami selalu memberi tahu lawan bicara kami bahwa kami mendukung dialog dan perdamaian, dan bahwa kami ingin menyelesaikan masalah kami. Masalah melalui negosiasi dalam kerangka hubungan bertetangga yang baik dan hukum internasional”, ungkap Hulusi Akar mengacu pada perkembangan terkini di Laut Aegea dan Mediterania Timur serta masalah pertahanan dan keamanan Turki.

Kepada Pemimpin Redaksi Star News Nazlı Çelik  yang ikut mengunjungi TCG Anadolu, Menteri Pertahanan Turki mengatakan kapal serbu amfibi ini adalah kapal perang terbesar Turki yang sedang diinspeksi di Tingkat Komando TAF.

Kapal TCG Anadolu memiliki panjang 230 meter atau lebih dari dua lapangan sepak bola dengan kapasitas angkut 94 kendaraan. Kapal ini bisa mengangkut kendaraan lapis baja, kapal amfibi, serta 700 personel amfibi.

Kapal yang dilengkapi dengan rumah sakit berkapasita 30 tempat tidur ini, memiliki lebar  32 meter, untuk mengangkut 24 helikopter/ pesawat dari berbagai jenis, seperti: T-129 ATAK, As532, CH-47F, S-70B Seahawk, Baykar Bayraktar TB3 dan Baykar Bayraktar Kızılelma UCAV.

Dengan adanya kapal Anadolu, Turki memiliki kapasitas yang kuat untuk melakukan berbagai tugas di semua lautan.

“Kami memperkuat Angkatan Bersenjata Turki dan melindungi hak dan kepentingan Turki. Pada saat yang sama, kami meningkatkan kekuatan aliansi kami.  Turki yang kuat, NATO yang kuat, Artinya aliansi yang kuat. Ini harus diketahui oleh semua orang”, ujar Menteri Pertahanan Turki.

Baca juga: Menteri Pertahanan Turki Sambut Pencapaian Baykar untuk Kizilelma

Kapal serbu amfibi Anadolu mampu melakukan aktivitas selama 50 hari tanpa mengisi bahan bakar, tanpa mengandalkan daratan dan tanpa membutuhkan dukungan dari darat. TCG Anadolu memiliki fitur untuk dapat beroperasi dan bekerja bahkan dalam kondisi cuaca yang sangat keras, termasuk kemampuan untuk melindungi dirinya sendiri.

Di sisi lain, dengan konsep kapal semacam itu, kapal ini tidak akan bertindak sendiri dalam operasinya. Akan ada fregat yang melindunginya, akan ada kapal selam, dan juga pesawat.

Kapal ini juga didesain menjadi sistem pertahanan yang baik terhadap serangan apapun, baik dari laut maupun udara.

Menteri Pertahanan Turki Hulusi Akar Inspeksi Kapal Serbu Amfibi TCG Anadolu. (Turkey's Ministry of National Defense)
Menteri Pertahanan Turki Hulusi Akar Inspeksi Kapal Serbu Amfibi TCG Anadolu. (Turkey’s Ministry of National Defense)

Pembangunan TCG Anadolu

Pemotongan lembaran logam pertama kapal Anatolia/ TCG Anadolu dilakukan pada tanggal 30 April 2016, dengan partisipasi dari Presiden Recep Tayyip Erdogan.

Setelah selesainya tes penerimaan pelabuhan, yang dimulai pada 1 Juli 2020, tes penerimaan laut dimulai pada 20 Juni 2022. Kapal Anadolu, yang pengiriman helikopter pertamanya dilakukan pada 17 November 2022, rencananya akan dikirim ke Angkatan Bersenjata Turki. di bulan-bulan pertama tahun 2023.

Baca juga: Pesawat Tempur Su-30 MKI India Tembakkan Rudal Brahmos ER ke Target Kapal

Anadolu (L-400) yang berbobot 27.000 ton merupakan kapal serbu amfibi Angkatan Laut Turki yang dapat dikonfigurasi sebagai kapal induk V/STOL. Kapal ini menggunakan sistem manajemen tempur produksi lokal, dilengkapi dengan radar dan sensor canggih. TCG Anadolu juga dilengkapi dengan senjata pertahanan diri berupa: 1 x RAM, 2 x Phalanx CIWS dan 5 x 25 mm Aselsan STOP RCWS Oerlikon.

Kapal yang dibangun pada 30 April 2016 oleh galangan kapal Sedef Shipbuilding di Istanbul ini, dimaksudkan untuk memenuhi berbagai kebutuhan Angkatan Bersenjata Turki, seperti mempertahankan ketahanan jangka panjang, pertempuran militer jarak jauh atau operasi bantuan kemanusiaan; sekaligus bertindak sebagai pusat komando dan andalan Angkatan Laut Turki.

Menteri Pertahanan Turki Hulusi Akar Inspeksi Kapal Serbu Amfibi TCG Anadolu. (Turkey's Ministry of National Defense)
Menteri Pertahanan Turki Hulusi Akar Inspeksi Kapal Serbu Amfibi TCG Anadolu. (Turkey’s Ministry of National Defense)

Kapal Selam Kelas “REIS”

Turki juga sedang membangun kapal selam kelas “Reis” dalam lingkup proyek kapal selam tipe baru dengan teknologi baterai yang modern, daya tahan tinggi dan desain yang ringkas. Kapal selam ini akan diintegrasikan dengan rudal Akya dan Atmaca. Kapal selam juga memiliki tingkat kebisingan yang rendah, sensor modern, serta senjata, dan sistem manajemen perang yang modern. Ke depannya kapal selam “REIS” bisa juga beroperasi dengan TCG Anadolu.

Menteri Pertahanan Turki, Hulusi Akar menekankan pentingnya industri pertahanan dalam negeri untuk angkatan bersenjata yang efektif, pencegah dan dihormati.

Turki kini telah mencapai tingkat untuk merancang, membangun, membuat, dan mengekspor: senjata infanteri, senjata ringan, roket, rudal, howitzer, UAV/SİHA/TİHA, helikopter ATAK, fregat, kapal perang, serta amunisi dan rudal pintar presisi.

Di akhir sambutannya, Menteri Hulusi Akar mendapatkan tepuk tangan dari para personel yang terlibat dalam pembangunan kapal, yang dia balas dengan mengatakan:, “Saya sangat perlu memberi tepuk tangan atas pekerjaan Anda.” Hulusi Akar mengucapkan selamat kepada para karyawan dan bertepuk tangan bersama jajaran Komando, serta merayakan tahun baru bersama karyawan dan personel kapal.

*Cover image: Menteri Pertahanan Turki Hulusi Akar Inspeksi Kapal Serbu Amfibi TCG Anadolu. (Turkey’s Ministry of National Defense).

Share:

Facebook
Twitter
Pinterest

Penulis:

Rojes Saragih

Tinggalkan komentar

Follow Us