Jakarta Greater

Era Baru: ‘Loyal Wingman’ untuk Pesawat Tempur dan Bomber

Drone XQ-58A Valkyrie

Perusahaan Kratos Unmanned Aerial Systems, Sacramento, California, Amerika Serikat mendapatkan kontrak senilai $15,5 juta untuk pengadaan dan pengiriman dua sistem udara tak berawak (UAS) XQ-58A dengan muatan sensor dan sistem senjata otonom (penetrating affordable autonomous collaborative killer).

Kontrak ini termasuk layanan teknis, integrasi sistem/subsistem, instalasi, pengujian, operasi darat dan penerbangan, logistik, dan pemeliharaan untuk UAS serta operasi milik pemerintah yang dioperasikan kontraktor untuk penerbangan pengujian dan demonstrasi di rentang pengujian pemerintah, ungkap laman Kementerian Pertahanan AS, 30/12/2022.

Pekerjaan akan dilakukan di Sacramento, California, dengan harapan selesai pada September 2023.

Baca juga: Menteri Pertahanan Turki Sambut Pencapaian Baykar untuk Kizilelma

Adapun jumlah dana yang dialokasikan sebesar $15,5 juta, untuk anggaran penelitian, pengembangan, pengujian, dan evaluasi oleh Angkatan Laut AS.

Angkatan Laut Amerika Serikat membeli dua sistem udara tak berawak siluman (UAS) XQ-58A yang awalnya dikembangkan untuk Angkatan Udara.

‘Loyal Wingman’ Drone XQ-58A ini dapat beroperasi dengan pesawat tempur berawak, sebagai alutsista masa depan penerbangan angkatan laut AS.

Drone XQ-58A Valkyrie

Drone XQ-58A Valkyrie (Photo courtesy of 1st Lt Randolph Abaya, 586 Flight Test Squadron/ U.S. Air Force )

Kratos XQ-58 Valkyrie diciptakan untuk memecahkan persoalan biaya yang meningkat dari pesawat, sekaligus memberikan pesawat pendamping atau wingman tanpa awak di samping pesawat tempur berawak dalam pertempuran

Selain beroperasi dari darat, perusahaan Kratos juga telah mengembangkan versi drone yang dapat diangkut dalam kontainer pengiriman standar.

Drone ini mampu terbang di ketinggian 14 km dengan kecepatan jelajah 882 km/ jam, untuk jangkauan sejauh 5.600 km.

Dengan lebar 9 meter dan bobot 1 ton, drone XQ-58 Valkyrie mampu membawa muatan (senjata) seberat 272 kg secara internal dan 272 kg secara eksternal.

Drone Sejenis Mancanegara

Drone / ‘Loyal Wingman’ sejenis yang dikembangkan oleh negara lain antara lain:
Baykar Bayraktar Kızılelma (Turki), Sukhoi Okhotnik (Rusia), Dassault nEUROn (Prancis), AVIC Dark Sword (China) dan HAL Combat Air Teaming System (India).

Di Amerika Serikat sendiri, selain Kratos Unmanned Aerial Systems dengan XQ-58 Valkyrie, Boeing juga mengembangkan MQ-28 Ghost Bat, dan Northrop Grumman dengan X-47B dan B-21 Raider.

Dunia pesawat tempur/bomber sedang bergerak mengejar teknologi wingman bagi bagi pesawat tempur/ bomber berawak.

Adanya operasi tidak berawak dari drone/pesawat tempur/bomber ini, akan menghadirkan kemampuan untuk memperluas: jangkauan, pukulan, muatan, serta kemampuan bertahan hidup, sekaligus untuk mampu menembus pertahanan terberat dan memberikan serangan presisi serta menjadi alat  deterrent.

*Cover image: Drone XQ-58A Valkyrie (U.S. Air Force photo by Staff Sgt. Joshua King)

Share:

Facebook
Twitter
Pinterest

Penulis:

Rojes Saragih

Tinggalkan komentar

Follow Us