Jakarta Greater

Jalesveva Jayamahe, TNI AL Proses Penguatan Sejumlah Pangkalan

*Cover image: Indonesian Navy Corvette KRI Frans Kaisiepo (@ Indonesian Navy/TNI AL). 

Tentara Nasional Indonesia (TNI) Angkatan Laut (AL) dalam proses memperkuat sejumlah pangkalan untuk memenuhi tuntutan dan tantangan yang terus berkembang.

Proses penguatan Pangkalan TNI AL ini, meliputi: Pangkalan Angkatan Laut (Lanal) Semarang, Lanal Bali, Lanal Mataram, dan Lanal Dumai.

Lanal Semarang

Komandan Pangkalan Utama TNI Angkatan Laut (Lantamal) V Laksamana Pertama TNI Supardi didampingi Wakil Komandan Lantamal V Kolonel Marinir Joni Sulistiawan, memimpin rapat uji naskah I validasi organisasi penataan Lanal Semarang, Jawa Tengah dari kelas B menjadi Kelas A.

Rapat dilakukan melalui sambungan Video Conference (Vicon) Senin, 9 Januari 2023, di Mako Lantamal V, Surabaya, Jawa Timur.

Tuntutan Tugas Lanal Semarang

Wilayah Provinsi Jawa Tengah khususnya Kota Semarang, sering melaksanakan kegiatan protokoler berskala nasional maupun internasional, serta penyambutan tamu VVIP. Oleh karena itu Lanal Semarang mendapat perhatian khusus dari Pemimpin TNI Angkatan Laut, untuk dinaikkan kelasnya yang semula kelas B menjadi kelas A.

Lantamal V pimpin Rapat Uji Naskah Akademik kenaikan Kelas Lanal Semarang, Jawa Tengah, 9/1/2023.
Lantamal V pimpin Rapat Uji Naskah Akademik kenaikan Kelas Lanal Semarang, Jawa Tengah, 9/1/2023.

Komando Daerah Maritim

Pengembangan Lanal Semarang dari kelas B menjadi kelas A juga merupakan penegasan kembali konsep Pembentukan Kodamar (Komando Daerah Maritim) yang akan segera direalisasikan untuk rangkaian validasi organisasi.

Baca juga: 41 Kapal Perang Indonesia Jalani Perbaikan dan Peningkatan Kemampuan

Lanal Semarang harus mampu mengoptimalkan tugas, fungsi, bimbingan sebagai unsur pelaksana Lantamal dan pelaksana Kodamar nantinya, sehingga dapat mengemban tugas-tugas TNI AL dengan baik dan lancar.

Wilayah kerja Lanal Semarang sejauh ini, membentang dari Rembang hingga Jepara, dan didukung oleh tujuh Pos Angkatan Laut (Posal) (tahun 2021).

Lanal Kelas B Menjadi Kelas A

Perubahan Lanal Semarang dari kelas B menjadi kelas A, juga akan diikuti oleh beberapa Lanal yang sudah memenuhi syarat, diantaranya: Pembangunan Lanal Bali, Lanal Mataram (Nusa Tenggara Barat) dan Lanal Dumai (Riau) yang dari kelas B menjadi kelas A, ungkap Kadispen Lantamal V, Kapten Laut Anny Herawaty dalam keterangan persnya, 10/1/2023.

Dalam rapat ini, Danlanal Semarang, Kolonel Marinir Hariyono Masturi memaparkan secara gamblang tentang perkembangan Lanal Semarang.

Setelah itu, Komandan Lantamal V Laksamana Pertama TNI Supardi mengingatkan agar, pembuatan naskah akademik terkontrol sejak awal, sehingga memperlancar uji naskah dan tahapan selanjutnya.

Komandan Lantamal V Laksamana Pertama TNI Supardi pimpin Rapat Uji Naskah Akademik kenaikan Kelas Lanal Semarang, Jawa Tengah, 9/1/2023.
Komandan Lantamal V Laksamana Pertama TNI Supardi pimpin Rapat Uji Naskah Akademik kenaikan Kelas Lanal Semarang, Jawa Tengah, 9/1/2023.

“Yang paling penting adanya koordinasi, kerja sama dan komunikasi yang erat dalam menyiapkan tahapan berikutnya sehingga harapan pemimpin TNI AL untuk mengembangkan fungsi dari satuan-satuan yang mempunyai tugas dan beban kerjan yang lebih, bisa menjadi kebaikan bagi TNI AL dan tentunya bagi masyarakat yang berada di sekitar satuan”, ujar Komandan Lantamal V Laksamana Pertama TNI Supardi saat memimpin rapat.

Rapat dihadiri pula oleh para Asisten Danlantamal V dan Kadiskum Lantamal V. Adapun pihak yang bergabung melalui sambungan Video Conference (Vicon), adalah: Paban II Jemen Srenal, Paban II Binteman Spersal, Paban VI Kompetensi dan Kinerja Personel (KKP) Spersal, Kasubdis kumdang Diskumal, Asrena Koarmada II, Serta Danlanal Semarang.

Kunjungan Komisi I DPR RI

Sebelumnya, Anggota Komisi I DPR RI telah berkunjung ke Lanal Semarang, Jawa Tengah, pada 12 Desember 2022.

Anggota Komisi I DPR RI Sturman Panjaitan mengatakan Komisi I DPR RI mendukung penguatan Pangkalan TNI AL Semarang (Lanal Semarang) dengan menaikkan kelasnya dari kelas B menjadi kelas A, demi membangun kekuatan pertahanan negara.

Peningkatan ini dipandang sudah selayaknya mengingat 70 persen wilayah Indonesia merupakan kawasan kemaritiman.

“Kita mendukung usulan kenaikan kelas Lanal ini, kemudian Pos TNI AL (Pospal) yang selama ini masih menumpang, agar bisa diberikan kesempatan, serta kesejahteraan mereka juga harus kita dukung,” ujar Sturman, di Lanal Semarang, dikutip laman DPR RI.

dok. Anggota Komisi I DPR RI Sturman Panjaitan memimpin pertemuan Tim Kunspek Komisi I DPR RI di Lanal Semarang, Jawa Tengah, 12/12/2022). (Foto: Singgih - DPR RI)
dok. Anggota Komisi I DPR RI Sturman Panjaitan memimpin pertemuan Tim Kunspek Komisi I DPR RI di Lanal Semarang, Jawa Tengah, 12/12/2022). (Foto: Singgih – DPR RI)

Sturman juga mendukung peningkatan penambahan unit Kapal Angkatan Laut (KAL), alat apung (alpung), alat komunikasi (Alkom), dan sarana-prasarana pendukungnya.

Dukungan ini tidak hanya untuk Lanal Semarang saja, namun untuk seluruh Lanal di Indonesia, demi terciptanya pembinaan potensi maritim dan masyarakat pesisir, dengan tujuan mendukung kekuatan pertahanan negara.

Penguatan sejumlah pangkalan ini tentunya seiring dengan moto TNI AL, Jalesveva Jayamahe, di laut kita jaya.

*Cover image: Korvet KRI Frans Kaisiepo-368 (@ Indonesian Navy/TNI AL).

Share:

Facebook
Twitter
Pinterest

Penulis:

Rojes Saragih

Tinggalkan komentar

Follow Us