Jakarta Greater

88 Pesawat Tempur F-35 Dibeli Kanada untuk Armada Baru

Pesawat tempur F-35

Kanada akan memperoleh armada baru yang terdiri dari delapan puluh delapan jet tempur F-35 yang canggih, melalui kesepakatan yang telah diselesaikan dengan pemerintah Amerika Serikat, Lockheed Martin (NYSE:LMT) serta Pratt & Whitney (NYSE:RTX) .

Pidato Menteri Pertahanan Kanada, Anita Anand, dikutip laman Kementerian Pertahanan Kanada, 10 Januari 2023.

Selamat pagi semuanya. Bonjour.

Saya berasal dari daerah tradisional Mississaugas di Credit First Nation, Huron-Wendat, dan Haudenosaunee.

Pada tahun 2017, kami meluncurkan kompetisi yang terbuka, adil, dan transparan untuk penggantian permanen armada tempur Kanada.

Baca juga: Video Penerbangan Pesawat Tempur KF-21 003 Boramae

Kami melakukannya karena bertekad untuk memberi para penerbang dengan peralatan terbaik dan tercanggih dari yang tersedia. Termasuk, untuk memperoleh pesawat yang tepat dengan harga yang tepat untuk warga Kanada.

Saat dunia kita semakin gelap, dengan serangan Rusia yang ilegal dan tidak dapat dibenarkan di Ukraina, dan perilaku China yang semakin tegas di Indo-Pasifik.  Proyek ini menjadi semakin penting – terutama mengingat pentingnya interoperabilitas dengan sekutu kita.

Public Services dan Procurement Kanada telah mencapai kesepakatan dari proses langkah ulet untuk mendapatkan armada jet tempur baru bagi Kanada.

88 Pesawat Tempur F-35

Hari ini saya mengumumkan bahwa Kanada memperoleh armada baru yang terdiri dari delapan puluh delapan jet tempur F-35 yang canggih, melalui kesepakatan yang telah kami selesaikan dengan pemerintah Amerika Serikat, Lockheed Martin serta Pratt & Whitney.

Investasi ini diperkirakan mencapai sembilan belas miliar dolar dan menjadikannya sebagai  investasi terbesar di Angkatan Udara Kerajaan Kanada dalam tiga puluh tahun.

Akuisisi ini menggunakan pendanaan yang ditetapkan dalam kebijakan pertahanan 2017. Akusisi ini untuk memenuhi komitmen kami dalam memastikan bahwa Angkatan Udara Kanada memiliki peralatan yang diperlukan untuk melindungi warga Kanada.

F-35 adalah pesawat tempur modern, andal, dan gesit yang digunakan oleh sekutu terdekat kita dalam misi di seluruh dunia. Ini adalah pesawat tempur tercanggih di pasaran, dan merupakan pesawat yang tepat untuk Kanada.

F-35 memberi pilot kecerdasan yang ditingkatkan; pengawasan; dan kemampuan pengintaian, sangat meningkatkan kesadaran situasional dan kemampuan bertahan mereka di lingkungan operasional yang sangat mengancam saat ini.

Pesawat tempur F-35A Lightning II. (
Pesawat tempur F-35A Lightning II. (photo: Corporal Craig Barrett – RAAF)
Pesawat F-35 Diperoleh Bertahap

Armada baru Kanada yang terdiri dari 88 jet diperoleh secara bertahap – dimulai dengan tahap awal sebanyak 16 jet.

Kami berharap:

  • Empat pesawat pertama akan dikirim pada tahun 2026,
  • Enam berikutnya pada tahun 2027,
  • dan Enam berikutnya pada tahun 2028,
  • dengan armada penuh tiba tepat waktu untuk mengaktifkan fase keluar dari pesawat tempur CF-18 pada akhir tahun 2032.

Saat kami bergerak menuju armada baru, untuk memastikan bahwa Angkatan Udara Kanada memiliki pesawat yang dibutuhkan untuk melindungi Kanada. Kami telah membeli F-18 Australia untuk melengkapi armada pesawat tempur CF-18 kami yang ada, yang juga ditingkatkan di bawah Proyek Perpanjangan Hornet.

Transisi Bertahap Pesawat Tempur

Kedua inisiatif ini akan membantu memperpanjang umur armada pesawat CF-18 kami hingga 2032, dan akan memungkinkan transisi bertahap dari CF-18 ke F-35 – sambil memastikan bahwa RCAF dilengkapi untuk mempertahankan misi pertahanan utama di Amerika Utara dan internasional.

Dengan mengakuisisi armada ini, kami meningkatkan kapasitas Kanada di wilayah udara, dan memastikan koordinasi yang lebih erat dan mulus dengan sekutu.

Armada tempur baru akan memastikan Kanada dapat memenuhi kewajiban militernya di dalam negeri dan memenuhi komitmennya di bawah NORAD dan NATO.

Pesawat tempur f-35
Pesawat Tempur F-35. (@U.S. Air Force – Senior Airman Devante Williams)

Nilai Pembelian USD 19 Miliar

Investasi $19 miliar ini tidak hanya mencakup pesawat, tetapi juga penyiapan dan layanan pendukung untuk pesawat, peralatan pesawat terkait, dan pembangunan fasilitas skuadron tempur modern di Bagotville, Quebec, dan Cold Lake, Alberta.

Fasilitas ini akan menjadi rumah bagi Skuadron operasional dan pelatihan, dan akan mencakup ruang untuk operasi harian, pemeliharaan, administrasi, perencanaan misi, dan pelatihan simulator untuk mendukung seluruh armada.

Pada saat yang sama, dan di bawah pendanaan terpisah yang diumumkan sebelumnya, kami bergerak maju dengan investasi melalui Rencana Modernisasi North American Aerospace Defense Command (NORAD), termasuk berbagai peningkatan infrastruktur di seluruh Kanada untuk mendukung operasi NORAD dan F-35.

Bersama-sama, proyek-proyek ini akan mempertajam keunggulan militer Kanada untuk menjaga keamanan warga Kanada – dan mereka akan menciptakan peluang ekonomi bagi negara kita.

Partisipasi Kanada dalam Produksi F-35

Akuisisi dan pemeliharaan awal F-35 berpotensi menyumbang lebih dari 425 juta dolar per tahun untuk ekonomi Kanada dan hampir 3.300 pekerjaan per tahun untuk industri Kanada selama periode 25 tahun.

Faktanya, partisipasi Kanada dalam program Joint Strike Fighter selama beberapa tahun terakhir telah memungkinkan perusahaan di Kanada mendapatkan hampir tiga miliar USD dalam kontrak, dan ini akan terus berkembang.

3000 Pesawat F-35

Sekitar tiga ribu pesawat tempur F-35 diperkirakan akan diproduksi untuk mitra dan sekutu di seluruh dunia – dan setiap jet ini juga akan menyertakan komponen Kanada – mulai dari suku cadang roda pendaratan, suku cadang mesin, hingga perangkat lunak – membuat F- 35 bukti industri kedirgantaraan dan pertahanan kelas dunia Kanada. Industri kami juga akan berada pada posisi yang baik untuk berpartisipasi dalam peluang pemeliharaan substansial armada Kanada dan global.

Di masa mendatang, kami akan terus bekerja sama dengan mitra industri kami untuk memberikan informasi terkini tentang peluang yang tersedia bagi pekerja dan bisnis kami.

Saat ketegangan global meningkat, kami tidak akan pernah goyah dalam komitmen kami untuk menjaga keamanan warga Kanada. Kami berkomitmen untuk melakukan investasi yang diperlukan untuk melindungi Kanada – dan pengumuman hari ini adalah bukti tekad ini.

Kemampuan Jangka Panjang

Armada pesawat tempur canggih F-35 akan memastikan para penerbang kita memiliki kemampuan jangka panjang untuk mempertahankan wilayah udara terbesar kedua di dunia. Ini akan membantu kami memenuhi komitmen NORAD dan NATO kami. Dan itu juga akan memberikan manfaat ekonomi yang nyata bagi Kanada.

Kepada para penerbang Angkatan Udara Kerajaan Kanada dan seluruh Angkatan Bersenjata Kanada: terima kasih atas layanan dan pengabdian Anda untuk Kanada. Anda mempertaruhkan hidup Anda untuk negara ini, dan kami akan memastikan bahwa Anda memiliki peralatan terbaik yang Anda perlukan untuk menjaga keamanan Kanada.

Saya mengonfirmasi hari ini bahwa Kanada memperoleh pesawat tempur terbaik di pasar dengan harga terbaik untuk orang Kanada. Saya ingin mengucapkan terima kasih kepada semua orang yang berperan dalam melakukan pembelian ini.

Terima kasih.

Share:

Facebook
Twitter
Pinterest

Penulis:

Rojes Saragih

Tinggalkan komentar

Follow Us