Jakarta Greater

Kanada Beli Rudal NASAMS untuk Disumbangkan ke Ukraina

Sistem rudal NASAMS

Menteri Pertahanan Kanada, Anita Anand mengumumkan bahwa Kanada membeli sistem rudal National Advanced Surface-to-Air Missile System (NASAMS) dan amunisi terkait dari Amerika Serikat untuk disumbangkan ke Ukraina.

Sumbangan prioritas tinggi ini merupakan sumbangan sistem pertahanan udara Kanada pertama ke Ukraina, ungkap laman Kementerian Pertahanan Kanada, 10 Januari 2023.

NASAMS adalah sistem pertahanan udara berbasis darat jarak pendek hingga menengah untuk menetralisir serangan: drone, rudal, dan pesawat terbang, dengan tingkat keberhasilan yang tinggi.

Donasi NASAMS Kanada akan membantu Ukraina memperkuat sistem pertahanan udaranya terhadap serangan udara yang merusak di lokasi militer, infrastruktur kritis sipil, dan pusat populasi.

Donasi senilai sekitar $406 juta ini berasal dari tambahan $500 juta bantuan militer ke Ukraina, yang diumumkan oleh Perdana Menteri Justin Trudeau pada 14 November 2022.

Baca juga: Selain Tank Bradley, Rudal Sea Sparrow Juga Diberikan AS untuk Ukraina

Berbagai Jenis Bantuan

Donasi ini dibangun berdasarkan dukungan militer Kanada yang sudah berlangsung lama untuk Ukraina, termasuk misi pelatihan  – Operasi UNIFIER, sumbangan kendaraan lapis baja, artileri, kamera drone, dan pakaian musim dingin, dan upaya berkelanjutan oleh Angkatan Udara Kerajaan Kanada untuk mengangkut bantuan militer yang terikat Ukraina yang disumbangkan oleh Kanada, Sekutu, dan mitra.

Kanada tetap berkomitmen untuk menyediakan Ukraina dengan bantuan militer yang diperlukan untuk mempertahankan diri dari serangan Rusia yang ilegal dan tidak dapat dibenarkan.

“Kanada berdiri dalam solidaritas dengan Ukraina saat mereka berjuang dengan gagah berani melawan invasi Rusia yang ilegal dan tidak dapat dibenarkan. Kami telah memberikan lebih dari $1 miliar dalam bentuk bantuan militer ke Ukraina, dan hari ini, kami bergerak maju dengan donasi sistem pertahanan udara Kanada yang pertama ke Ukraina”, ungkap Menteri Pertahanan Kanada, Anita Anand.

“Kanada akan terus berkolaborasi dengan Amerika Serikat, serta Sekutu dan mitra lainnya, untuk menangani prioritas pertahanan Ukraina dalam jangka pendek dan panjang – termasuk dengan peralatan berkemampuan tinggi seperti NASAMS”, lanjut, Anita Anand.

Fakta Bantuan

Sejak Februari 2022, Kanada telah memberikan lebih dari $1 miliar bantuan militer ke Ukraina.

Sejak akhir Maret 2022, Angkatan Bersenjata Kanada telah membawa sekitar enam juta pound sumbangan militer ke Ukraina atas nama sekutu dan mitra Kanada.

Personel CAF saat ini dikerahkan ke Inggris dan Polandia untuk membantu pelatihan anggota Angkatan Bersenjata Ukraina di bawah Operasi UNIFIER, misi pelatihan dan peningkatan kapasitas militer Kanada untuk mendukung Angkatan Bersenjata Ukraina.

Sejak dimulainya Operasi UNIFIER pada tahun 2015, CAF telah melatih lebih dari 34.000 anggota Pasukan Keamanan Ukraina dalam taktik medan perang dan keterampilan militer tingkat lanjut.

Sistem rudal NASAMS
Sistem rudal NASAMS (KONGSBERG)
Jangkauan Sistem Rudal NASAMS

Dengan menggunakan radar MPQ-64F1, sistem rudfal NASAMS 2 memiliki jangkauan deteksi hingga 120 km.

Jarak tembak efektif dari sistem rudal ini bervariasi, tergantung jenis rudal. Untuk rudal AMRAAM, sistem rudal NASAMS 2 bisa menyergap sasaran sejauh 30 km. Sementara jika memakai rudal AMRAAM-ER, jangkauan rudal meningkat menjadi 50 mm.

*Cover image: Sistem rudal NASAMS (The Norwegian Armed Forces)

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Share:

Facebook
Twitter
Pinterest

Penulis:

Rojes Saragih

Tinggalkan komentar

Follow Us