Jakarta Greater

Senapan Serbu Kalashnikov AK-203 untuk Angkatan Darat India

Senapan Serbu Kalashnikov AK-203
Senapan Serbu Kalashnikov AK-203

Perusahaan patungan Rusia dan India mulai memproduksi senapan serbu Kalashnikov AK-203. Perusahaan yang bernama Indo-Rusia Rifles Private Limited (IRRPL) berlokasi di India dan telah terdaftar.

Dari pihak Rusia perusahaan ini diwakili oleh Rosoboronexport dan
Kalashnikov Concern (keduanya anak perusahaan Rostec State Corporation).

“Rusia dan India memiliki hubungan kemitraan yang kuat. Kerja sama militer-teknis antara kedua negara telah menghasilkan pembangunan perusahaan patungan Indo-Rusia”, ujar Direktur Jenderal Rostec, Sergey Chemezov, 17 Januari 2023.

Baca juga: Howitzer Firtina dan MBT Altay, Bangkitnya Industri Pertahanan Turki

Dengan diluncurkannya produksi serial senapan serbu Kalashnikov AK-203, maka senjata berkualitas tinggi, nyaman dan modern akan segera digunakan oleh pertahanan India dan lembaga penegak hukum.

“Model Kalashnikov AK-203 menggabungkan ergonomi yang sangat baik, kemampuan beradaptasi penembak yang berbeda dan karakteristik performa tinggi. Ini adalah salah satu senapan serbu terbaik di dunia,” kata Sergey Chemezov.

Usaha patungan ini berencana untuk memastikan 100% lokalisasi produksi senapan AK-203 di India. Di dalam masa depan, perusahaan juga dapat meningkatkan output dan meningkatkan kemampuan fasilitas produksinya, untuk memproduksi senapan canggih berdasarkan platform senapan serbu Kalashnikov.

Telah Produksi

“Korwa Ordnance Factory di Amethi, Uttar Pradesh, India telah memproduksi batch pertama senapan serbu Kalashnikov AK-203, kaliber 7,62 mm. Awal pengiriman ke Angkatan Darat India diharapkan segera terlaksana.

Pada saat yang sama, dengan kapasitas pabrik yang baik, memungkinkan produksi senjata untuk personel lembaga penegak hukum lainnya di India dengan senapan serbu AK-203.

Dalam catatan The Hindu.com, Panglima Angkatan Darat India, Jenderal Manoj Pande pekan lalu mengatakan, bahwa gelombang pertama 5.000 senapan akan dikirim ke Angkatan Darat pada bulan Maret.

Ekspor ke Negara Ketiga

Senjata ini memiliki kemampuan beradaptasi yang tinggi, sehingga cocok untuk berbagai operator. Selain itu, usaha patungan akan dapat mengekspor
produknya ke negara ketiga,” ungkap Direktur Jenderal Rosoboronexport, Alexander Mikheev.

Moto Made in India

Perusahaan patungan Indo-Russian Rifles Private Limited sepenuhnya mematuhi inisiatif Made in India dari kebijakan Pemerintah India.

Saat ini India mulai memproduksi seri AK-200, senapan serbu merek terkenal di dunia. Senapan serbu seri AK-200 mempertahankan semua keunggulan skema senjata AK yang lama: kehandalan, daya tahan dan kemudahan perawatan.

Pada saat yang sama, senjata ini juga sepenuhnya memenuhi persyaratan terbaru senjata api di dunia, dalam hal ergonomi dan kemampuan untuk memasang peralatan tambahan berteknologi tinggi.

Rusia dan India terus mengimplementasikan proyek kerja sama militer-teknis.

Program saat ini dan program masa depan secara maksimal fokus pada kerja sama teknologi, termasuk basis usaha patungan dalam format produksi berlisensi, serta proyek R&D bersama.

Rosoboronexport akan bekerja sama dalam hal transfer teknologi sesuai dengan inisiatif Make in India.

*Cover image: Senapan Kalashnikov AK-203 (Rosoboronexport)

Share:

Facebook
Twitter
Pinterest

Penulis:

Rojes Saragih

Follow Us