Program Upgrade F-16 Blok 70/72 Yunani Dimulai

Jet tempur F-16C/D Angkatan Udara Yunani © Sunburn 1979 via Wikimedia Commons

JakartaGreater.com – Perusahaan pertahanan asal AS, Lockheed Martin mengumumkan bahwa mereka akan meluncurkan upgrade armada jet tempur multiperan F-16 Yunani menjadi standar Block 70/72 Viper Senin depan, seperti dilansir dari Greek City Times.

Pengumuman itu disampaikan Dennys Plessas, Wakil Presiden Prakarsa Pengembangan Bisnis Lockheed Martin di Eropa selama konferensi pers di Thessaloniki, menjelaskan jadwal modernisasi dan mengatakan bahwa sebagian besar upgrade akan dilakukan di Yunani.

Dua tahun pertama akan dihabiskan untuk rekayasa prototipe dan pendaftaran sistem. Sementara instalasi (pemasangan) pada armada jet tempur Yunani akan berlangsung pada tahun ketiga program, dan pilot Angkatan Udara Hellenic akan dilatih pada tahun keempat. Pelatihan diharapkan akan berlangsung singkat, karena pilot pesawat tempur Yunani sudah mahir.

Upgrade 85 unit jet tempur F-16 menjadi Viper ini akan menyediakan Angkatan Udara Yunani sebagai pesawat yang sama sekali baru, karena satu-satunya elemen yang tetap dipertahankan adalah airframe (badan pesawat)”, kata Plessas.

Plessas menambahkan bahwa jet tempur multiperan F-16 dan pesawat generasi kelima F-22 dan F-35 akan berbagi sejumlah teknologi, termasuk radar baru yang nanti akan dipasang pada F-16V Viper (AN/APG-83 SABR).

Di antara sejumlah isu-isu lain, Plessas juga mengatakan bahwa 70% dari edisi terbaru pesawat transportasi Hercules, model J, yang disampaikan oleh Lockheed Martin ke Australia juga merupakan “rakitan” Yunani.

Sharing

Tinggalkan komentar