Dirombak Slowakia, Rusia Tolak Servis Mi-17V-5

Helikopter Mi-17 Angkatan Udara Afghanistan © Sgt Deanne Hurla via Wikimedia Commons

JakartaGreater.com – Perusahaan Russian Helicopters (RH) telah menafikan tanggung jawab lebih lanjut untuk “safe operation” dari helikopter Mi-17V-5 milik Kementerian Pertahanan Afghanistan setelah Kabul merombaknya ke perusahaan asal Slowakia, LOTN, seperti dilansir dari laman resmi Russian Helicopters.

“Berdasarkan informasi yang diterima mengenai perbaikan yang tidak sah atas 1 helikopter Mi-17V-5 dari Kementerian Pertahanan Afghanistan oleh perusahaan perbaikan pesawat LOTN asal Slowakia, maka JSC “Russian Helicopters” mewakili perancang (JSC “Mil Moscow Helicopter Plant”) serta produsen (PJSC “Kazan Helicopters”) menolak semua tanggung jawab lebih lanjut untuk operasi aman dari rotorcraft ini dan memiliki alasan kuat untuk menolak memberi dukungan layanan untuk operasional helikopter tersebut”, tulis Russian Helicopters.

Overhaul dari helikopter Mi-17V-5 dilakukan di fasilitas reparasi Slovakia yang tidak menguasai perombakan jenis rotorcraft buatan Rusia ini berdasarkan pesanan. Selain itu, overhaul telah dilakukan dibawah perbaikan/pemeriksaan dokumentasi yang dikembangkan LOTN tanpa ada partisipasi dan pengawasan dari perancang ataupun produsen.

Dokumentasi perbaikan dan desain yang diperbarui untuk helikopter militer Mi-17V-5, suku cadang dan group kits untuk perbaikan tersebut tidak pernah diberikan Russian Helicopters kepada perusahaan perbaikan pesawat yang bersangkutan.

Perusahaan Russian Helicopters akan memberitahukan semua agen internasional dan Rusia serta entitas yang berkepentingan mengenai pendaftaran dari perusahaan perbaikan pesawat Slovakia, LOTN pada daftar fasilitas perbaikan pesawat yang melakukan perbaikan tidak sah dari rotorcraft militer jenis Mi-17V-5, tambah pernyataan itu.