Israel Akan Sampaikan Temuan Terkait Penembakan Pesawat Rusia

Senjata anti-pesawat Suriah ( S-200 missile.jpg)

Yerusalem, Jakartagreater.com  –  Kepala Angkatan Udara Israel pada hari Kamis, 20-9-2018 akan berkunjung ke Moskow untuk menyampaikan sejumlah temuan terkait pesawat militer Rusia, yang ditembak jatuh di perairan Suriah, kata militer Israel, dirilis Antara

Israel pada Selasa 18-9-2018 menyalahkan Suriah, dengan mengatakan bahwa negara tersebut melancarkan tembakan secara membabi buta dan tidak memastikan bahwa tidak ada pesawat Rusia sedang berada di udara pada saat itu.

Militer mengatakan Mayor Jenderal Amikam Norkin dan beberapa perwira tinggi lain akan menyampaikan laporan kejadian dari semua segi, termasuk informasi sebelum serangan itu serta temuan, yang dihasilkan penyelidikan IDF (Angkatan Bersenjata Israel).

Peristiwa itu pada awalnya tampak akan menimbulkan gesekan di antara kedua negara pendukung pihak berlawanan dalam perang saudara Suriah, yang rumit. Kepala kementerian pertahanan di Moskow menuding Israel secara tidak langsung menjadi penyebab kecelakaan tersebut.

Namun, Presiden Vladimir Putin, yang berbicara dengan Perdana Menteri Israel Benjamin Netanyahu melalui telepon pada Selasa, kemudian menyatakan bahwa insiden tragis itu terjadi secara tiba-tiba. Walaupun demikian, Putin kemudian menambahkan bahwa Rusia perlu “secara serius menyelidiki apa yang sebenarnya terjadi”.

Militer Israel mengatakan pada Selasa bahwa Jet tempurnya sebelumnya sedang mengincar sebuah fasilitas Suriah, yang dikatakannya baru saja akan memindahkan persenjataan ke tangan Hisbullah mewakili Iran. Pada saat itu lah, menurut Israel, pesawat militer Rusia tersebut ditembak jatuh sementara Jet-Jet Israel “sudah berada di wilayah udara Israel”.

Perdana Menteri Israel Benjamin Netanyahu mengatakan pasukan Suriah adalah pihak yang harus disalahkan dan ia menawari Rusia “semua informasi yang diperlukan” sebagai bahan penyelidikan.

Sejak melakukan campuran tangan di Suriah pada tahun  2015, Rusia biasanya menutup mata atas serangan-serangan Israel. Para pejabat Israel mengatakan pasukan Israel telah melancarkan sekitar 200 kali serangan.

Pernyataan militer itu mengatakan bahwa delegasi Israel akan menyampaikan bukti upaya Iran terus-menerus untuk mengirimkan senjata strategis kepada Hisbullah dan untuk menempatkan keberadaan militer Iran di Suriah.

Tinggalkan komentar