Tentara Modern Swiss Gunakan IMESS

Airbus Defence and Space kembangkan IMESS untuk tentara masa depan Swiss
Tentara Modern Swiss Gunakan IMESS 1

Airbus Defence and Space, telah menyelesaikan pengembangan sistem yang dirancang untuk prajurit masa depan Angkatan Darat Swiss dan sekarang siap memasuki produksi masal, ujar Juru Bicara Airbus Defence and Space, 30 Juli 2014.

Dikenal sebagai “Integriertes Modulares Einsatzsystem Schweizer Soldat”/ ‘Integrated Modular Engagement System for the Swiss Soldier (IMESS)’, Modul Terpadu Sistem Pertempuran Tentara Swiss, dikembangkan oleh perusahaan Warrior 21, yang telah digunakan oleh Jerman untuk tentara masa depan Bundeswehr, Infanterist der Zukunft (IdZ). Spanyol juga mengembangkan modul ini untuk pasukan “Combatiente Futuro” (ComFut – Future Soldier System).

Airbus memenangkan kontrak membuat prototipe IMESS dari Armasuisse Swiss pada tahun 2007, dengan nilai kontrak CHF 20 juta (USD 22 juta), dan kontrak produksi pada tahun 2011. Kontrak terakhir termasuk opsi produksi masal IMESS disepakati dan bernilai USD 160 juta.

Pengumuman terbaru itu menandai selesainya tahap rekayasa tingkat tinggi IMESS, yang “selesai sesuai jadwal termasuk penerimaan teknis oleh otoritas Armasuisse, Swiss”, ujar Airbus Defence and Space.

Tahap berikutnya dari proyek ini, akan melihat ujicoba sistem IMESS yang dilakukan Swiss Army di lapangan selama dua tahun, dengan dukungan logistik dari Airbus Defence and Space, selama tahap uji coba.

Subsistem dari sistem IMESS meliputi: Sistem radio taktis berkapasitas tinggi, Kongsberg TacLAN, (termasuk radio genggam/ hand-held SR600 dan kendaraan pengangkut radio jarak pendek VM600); dan optik Sagem, termasuk Sword T & D (Thermal dan Day) weapon sight, seperti yang digunakan dalam sistem FELIN, Prancis.

Sistem ini dikembangkan bagi infanteri, karena situasi ancaman asimetris yang terus meningkat serta tantangan dari adanya misi operasi gabungan yang membutuhkan peningkatan kemampuan network/komunikasi. IMESS juga berfungsi meningkatkan efektivitas pasukan, ketegasan mengambil keputusan, perlindungan pertukaran informasi dengan cepat dan aman melalui sistem informasi dan komunikasi yang lebih kuat dari pasukan infanteri yang diterjunkan/operasional.

State-of-the-art sistem infanteri yang dibuat Warrior 21, dikembangkan atas dasar IDZ BS (Jerman), yang memberikan efektivitas bagi pasukan semaksimal mungkin, perlindungan, komunikasi dan situasi informasi, memastikan bahwa mereka dilengkapi dengan baik dan dilindungi ketika melakukan misi operasional taktis. (Janes.com).

Leave a Comment