F-35C Mendarat Darurat di Bandar Udara Fresno

US Navy F 35C Landing

Jet tempur generasi kelima, F-35C milik US Navy © US Navy via Wikimedia Commons

JakartaGreater.com – Joint Strike Fighter (JSF) F-35C dari Strike Fighter Squadron 125 (VFA-125) melakukan penerbangan dari Naval Air Station Lemoore, California, terpaksa mendarat darurat di Bandara Internasional Fresno Yosemite di hari Senin, setelah sinyal indikator instrumen pesawat mati mendadak, seperti dilansir dari situs Military.com.

“Pilot mengambil keputusan untuk melakukan pendaratan darurat sesuai instruksi Naval Air Training and Operating Procedures Standardization”, menurut Cmdr. Ronald Flanders, juru bicara Penerbang Angkatan Laut, Armada Pasifik AS pada hari Selasa. “Ini adalah pendaratan pencegahan akibat matinya indikator pada instrumen pilot. Bukan episode fisiologis. Pilotnya dan pesawatnya baik-baik saja”, lanjutnya.

Insiden itu terjadi pada hari Senin. Flanders mengatakan pilot mengeksekusi prosedur NATOPS dan menyimpulkan bahwa dia cukup jauh untuk kembali ke Pangkalan Udara Lemoore dan terpaksa mendarat di Fresno.

Flanders mengatakan bahwa insiden tersebut mungkin terkait dengan masalah mekanis di pesawat tetapi tidak memberikan rincian lebih lanjut tentang masalah yang mungkin terjadi.

“Tim Pemeliharaan dari VFA-125 sedang memeriksa pesawat untuk menilai mengapa indikator tersebut bisa padam”, katanya. “Setelah dinyatakan layak untuk terbang, itu akan kembali ke Lemoore”.

Outlet media lokal mengatakan bahwa pesawat itu selanjutnya dibawa ke Wing Fighter 144 milik Garda Nasional Fresno untuk dilakukan pemeriksaan dan pemeliharaan. NAS Lemoore adalah rumah bagi Strike Fighter Squadron 125, skuadron pengganti, serta VFA 147.

Bulan lalu, F-35 dari VFA-125 rusak selama latihan pengisian bahan bakar udara dengan F/A-18F Super Hornet. Setelah jet itu lepas landas dari USS Abraham Lincoln pada 22 Agustus, itu rusak selama latihan pengisian bahan bakar ketika serpihan masuk melalui asupan mesinnya.

Sementara itu, pada hari yang sama, dua unit jet tempur siluman F-35A Angkatan Udara AS mengalami kecelakaan di Eglin Air Force Base, Florida.

Sebuah jet tempur siluman F-35A dari pangkalan udara yang sama, Eglin Air Force Base, Florida juga mengalami kerusakan roda depan, sementara jet tempur siluman yang lain mengalami serangan burung, kata para pejabat pada saat itu.

VFA-147 dijadwalkan menjadi skuadron operasional pertama F-35C Angkatan Laut AS. Layanan ini berharap untuk mengumumkan kemampuan operasi awal F-35C yang siap pada bulan Februari, dengan penempatan pertama di kapal induk USS Carl Vinson pada tahun 2021.

Leave a Reply