Su-34 Menambahkan Mimpi Buruk Bagi Lawan

Jet pembom tempur Su-34 Fullback Angkatan Udara Rusia (VKS) © Kemenhan Rusia via Wikimedia Commons

JakartaGreater.com – Dengan persenjataan yang mampu menghancurkan target darat, Rusia juga ingin mengubah Su-34 menjadi mimpi buruk bagi lawan dengan peralatan terbaru.

Menurut Sputnik, Kementerian Pertahanan (Kemenhan) Rusia akan mengadakan tender tertutup untuk penyelesaian pembom tempur Su-34 agar dapat menggunakan wadah pengintai terpadu. Dokumen terkait dipublikasikan di situs web pengadaan publik.

“Kementerian Pertahanan Rusia telah mengumumkan peluncuran tender tertutup untuk layanan dan pengawasan teknis pesawat udara dan skadron pengintaian udara yang disetujui oleh Kementerian Pertahanan”, menurut pernyataan itu. “Pesawat Su-34 dapat mengadopsi wadah pengintai terpadu dan memasang suspensi tambahan”.

Berdasarkan dokumen tender, empat pembom tempur pertama akan dilengkapi dengan peralatan baru. Selain itu, Kementerian Pertahanan Rusia tidak mengungkapkan rincian lebih lanjut tentang Su-34 terbaru.

Pesawat pembom tempur Su-34 Angkatan Udara Rusia © Dmitriy Pichugin via Wikimedia Commons

Sementara itu, menurut sumber Izvestia, dalam waktu dekat, pembom tempur generasi berikutnya Su-34 akan dapat sepenuhnya dipertahankan setelah Rusia menambahkan kompleks pengumpulan intelijen (jammer) yang tidak hanya bisa mendeteksi tetapi juga menyerang sistem komunikasi dan kontrol pesawat musuh.

“Jammer canggih untuk pembom tempur Su-34 telah menyelesaikan tahap pengembangan dan memasuki uji lapangan”, tulis Izvestia mengutip pejabat militer senior yang tidak disebutkan namanya.

UKR-RT adalah sistem pengawas radio elektronika mutakhir yang dirancang untuk bisa dipasang pada pembom tempur Su-34 yang memungkinkannya untuk mendeteksi dan melokalisasi target serta untuk tugas-tugas seperti : menyerang markas musuh, pusat kendali komunikasi, stasiun radar dan drone.

Angkatan Udara Rusia menguji pod UKR-RT – Signal Intelligence (SIGINT) dan Electronic Intelligence (ELINT) – sejak bulan September 2016.

Pembom tempur Su-34 dibuat dari material khusus yang mampu lolos dari “kepungan” dari pesawat pengintai elektronik generasi berikutnya. Selain dari itu, Su-34 pun memiliki beberapa keunggulan lainnya.

Di masa damai Anda dapat melakukan pengintaian lebih bijaksana tanpa menggunakan pesawat pengintai, dan selama perang, Su-34 jelas kurang rentan dibandingkan sistem pengumpulan intelijen lainnya.