Menhan: Iran Segera Produksi Massal Jet Kowsar

Kowsar, jet pencegat buatan Iran © Tasnim News

JakartaGreater.com – Angkatan Udara Iran telah memiliki sekitar beberapa lusin pesawat serang, baik pesawat buatan Rusia ataupun buatan AS yang diperoleh sebelum revolusi Iran tahun 1979, seperti dilansir dari laman Sputnik.

Iran telah memulai produksi massal jet pencegat generasi keempat buatan dalam negeri, dalam sebuah langkah besar menuju renovasi Angkatan Udara, lapor televisi pemerintah Iran.

“Segera jumlah yang dibutuhkan untuk pesawat ini akan diproduksi dan dioperasikan okeh Angkatan Udara Iran”, kata Menteri Pertahanan Iran Amir Hatami pada sebuah upacara peluncuran produksi pesawat.

Produksi setiap jet pencegat Kowsar akan menyelamatkan negara itu sekitar $ 16,5 juta, menurut Humas di Kementerian Pertahanan Iran.

“Hari ini, kami menyatakan dengan bangga bahwa kami berusaha dalam memperoleh teknologi pertahanan yang damai untuk membela keamanan nasional kita, nilai-nilai Revolusi Islam, dan batas-batas negara kita”, kata Hatami.

Sebelumnya pada bulan November, pemerintah AS menyatakan akan memberlakukan kembali semua sanksi terhadap Iran mulai pada tanggal 5 November 2918, yang terdiri dari pengiriman, keuangan dan sektor energi Iran.

Mengikuti keputusan AS untuk menarik diri dari kesepakatan nuklir Iran, juga dikenal sebagai Rencana Aksi Komprehensif Bersama (JCPOA), dan memberlakukan kembali sanksi anti-Iran, Tehran berusaha mengembangkan produksi senjata dan peralatan militer di dalam negeri.

Pada bulan Agustus, Menteri Pertahanan Iran menampilkan pesawat tempur Kowsar pertama yang diproduksi di dalam negeri dan menyatakan bahwa Angkatan Laut Iran untuk pertama kalinya dilengkapi dengan sistem rudal permukaan-ke-udara buatan lokal.