Korea Selatan Kembangkan Baterai Kuat untuk Kapal Selam Terbaru

ilustrasi: Kapal selam Korea Selatan ROKS Lee Eokgi (U.S. Navy photo  via commons.wikimedia.org)

Korea Selatan menyatakan telah mengembangkan baterai lithium-ion yang dapat memperpanjang kemampuan operasional kapal selamnya dibandingkan dengan baterai Lead-acid.

Baterai lithium-ion diciptakan untuk kapal selam generasi terbaru yang diharapkan akan diluncurkan pada pertengahan tahun 2020-an rilis Defense Acquisition Program Administration atau DAPA, dirilis Defensenews.com, 16/11/2018.

Setelah 30 bulan pengembangan, baterai lithium-ion sudah melewati penilaian kesiapan teknologi, langkah menuju terintegrasinya baterai tersebut pada kapal selam masa depan Korea Selatan.

“Pengembangan baterai lithium-ion untuk kapal selam adalah pencapaian besar di pasar kapal selam global,” kata Laksamana Muda Jung Il-shik dari DAPA’s next-generation submarine project group.

“Kami berharap pengembangan baterai lithium-ion yang sukses ini akan meningkatkan reputasi Korea Selatan sebagai pembuat kapal selam, serta memiliki efek besar terhadap sektor komersial.”

Keberhasilan pengembangan baterai lithium-ion untuk kapal selam Korea Selatan tentunya bisa juga dipertimbangkan untuk melengkapi selam selam terbaru Nagapasa class milik Angkatan Laut Indonesia yang sebelumnya memiliki kelemahan pada kekuatan baterai kapal selamnya.