Marinir Latihan Pratugas Ambalat dan Pulau Terluar

601
Pembukaan latihan tersebut ditandai dengan penyematan tanda peserta latihan oleh Komandan Pasmar 2 kepada perwakilan Satgasmar Ambalat XXIV dan Pulau Terluar XXII.

Pasuruan, Jakartagreater.com  –  Komandan Korps Marinir (Dankormar) Mayor Jenderal TNI (Mar) Bambang Suswantono, S.H., M.H., M.Tr (Han) yang diwakili Komandan Pasmar 2 Brigjrn TNI (Mar) Endi Supardi, S.E secara resmi membuka Latihan Pratugas Ambalat dan Pulau Terluar TA. 2018 pada Senin 10-12-2018 di lapangan apel Pusat Latihan Pertempuran Korps Marinir 3 Grati, Pasuruan.

Pembukaan latihan tersebut ditandai dengan penyematan tanda peserta latihan oleh Komandan Pasmar 2 kepada perwakilan Satgasmar Ambalat XXIV dan Pulau Terluar XXII.

Dalam amanat tertulis yang dibacakan Danpasmar 2, Komandan Korps Marinir mengatakan, Latihan Pratugas dilaksanakan sebagai upaya untuk lebih meningkatkan kemampuan dan keterampilan teknik dan taktik prajurit Korps Marinir yang tergabung dalam Satuan Tugas Ambalat dan Pulau Terluar, sehingga prajurit akan lebih siap untuk menjalankan tugas.

Disamping itu, seluruh prajurit akan memiliki stamina dan fisik yang memadai serta mampu untuk beradaptasi terhadap kondisi lingkungan daerah penugasan yang sebenarnya.

Disampaikan pula oleh Dankormar bahwa penugasan yang akan dilaksanakan di pulau-pulau terluar dan perairan perbatasan adalah sebagai upaya dalam menjaga kedaulatan Negara Kesatuan Republik Indonesia dari segala bentuk ancaman, terutama pelanggaran atas batas wilayah perairan dan penguasaan pulau-pulau strategis dari pihak asing termasuk dalam pencegahan terhadap illegal fishing, illegal logging dan illegal migrant.

“Penugasan ini merupakan wujud perhatian pimpinan terhadap kemampuan Korps Marinir atas dedikasi dan pengabdian yang tulus sehingga dalam setiap menjalankan tugas selalu berhasil dan terlaksana dengan baik.

Selain itu, penugasan ini merupakan implementasi dari penjabaran tugas pokok Korps Marinir dalam melaksanakan operasi pertahanan pantai di pulau-pulau strategis di wilayah kedaulatan Negara Kesatuan Republik Indonesia,” tegas Dankormar Mayor Jenderal TNI (Mar) Bambang Suswantono.

Sementara itu, Letkol Mar Carles A. Lumban Gaol selaku Perwira Pelaksana Latihan (Palaklat) mengatakan, latihan pratugas akan dilaksanakan dari tanggal 10 hingga 24 Desember 2018, berupa materi pembekalan dan manuver dilapangan, untuk pembekalan dan manuver lapangan dilaksanakan di Puslatpurmar 3 Grati dan Sorong untuk Satgas Ambalat dan Pulau Terluar Wilayah Timur, sedangkan Satgas Pulau Terluar Wilayah Barat dilaksanakan di Batam.

Turut hadir dalam kesempatan tersebut Komandan Kolatmar Kolonel Marinir Sarjito, Komandan Brigif 2 Marinir Kolonel Marinir Suliono, Asops Danpasmar 2 Kolonel Marinir Edi Prayitno, Paban Sintel Pasmar 2 Letkol Mar Tampubolon, Pabandya Sops Kormar Mayor Marinir Hendro, Para Perwira Staf dan Komandan Satlak dijajaran Brigif 2 Marinir dan Kolatmar. (marinir.tnial.mil.id).

Leave a Comment