Brasil Serahkan M41C Walker Bulldog Untuk Uruguay

Ilustrasi tank ringan M41D Walker Bulldog buatan AS milik Angkatan Darat Taiwan © Xuan Shisheng via Wikipedia

JakartaGreater.com – Angkatan Darat Brasil menyelesaikan transfer sebanyak 25 tank ringan M41C Walker Bulldog ke Angkatan Darat Uruguay di Rivera, Uruguay, pada 7 Desember 2018, menurut sumber militer kedua negara dilansir dari IHS Jane.

Dari total 25 tank ringan tersebut, sebanyak 15 unit telah dipugar oleh Brasil, sedang sisanya 10 unit akan digunakan sebagai suku cadang. Mereka (15) akan ditugaskan pada unit infanteri lapis baja, yang saat ini menggunakan tank ringan M24.

Sebagai kendaraan warisan, tank ringan M41C itu akan meningkatkan kemampuan pasukan Infanteri Uruguay.

Ilustrasi tank ringan M24 Chaffee buatan AS milik Angkatan Darat Belanda © Alfvan Beem via Wikimedia Commons

Brasil memodernisasi varian tank ringan M41C Walker Bulldog beberapa dekade lalu dengan mesin baru dan senjata yang dikalibrasi ulang yang telah memungkinkannya menembakkan amunisi 90 mm daripada standar aslinya yang hanya 76 mm.

M41 Walker Bulldog adalah sebuah tank ringan Amerika yang dikembangkan untuk tujuan pengintaian bersenjata. Dilengkapi dengan meriam 76 mm, diproduksi oleh Cadillac antara 1951 – 1954 dan dipasarkan dengan sukses untuk Angkatan Darat AS sebagai pengganti armada tank tua M24 Chaffee peninggalan Perang Dunia II.

Sharing

Tinggalkan komentar