Pasukan Rusia Masuk Ukraina

image

Satelit NATO menunjukkan, Gambar 1, unit militer Rusia bergerak dalam formasi konvoi dengan artileri self-propelled di wilayah Krasnodon, Ukraina, di dalam wilayah yang dikuasai oleh separatis Rusia. Gambar itu diambil pada tanggal 21 Agustus 2014. Alutsista ini dipercayai milik Rusia, karena unit Ukraina belum mampu menembus sejarah ini, ke wilayah yang dikendalikan separatis.

image

Gambar 2, direkam tanggal 23 Juli 2014, menggambarkan diduga enam senjata self-propelled 153mm 2S19 Rusia yang terletak di Rusia dekat Kuybyshevo. Situs ini terletak 4 mil, atau 6,5 kilometer, perbatasan selatan Ukraina, dekat desa Chervonyi Zhovten. Senjata mengarah ke utara, langsung menuju wilayah Ukraina (lihat indikator Utara pada gambar).

image

Gambar 3 mencakup dua gambar (kiri dan kanan) dan menunjukkan situs pengerahan militer di sisi Perbatasan Rusia, dekat Rostov-on-Don. Lokasi ini berjarak sekitar 31 mil atau 50 kilometer dari Dovzhansky, penyeberangan perbatasan Ukraina.

Gambar di sebelah kiri direkam 19 Juni 2014 dan menunjukkan area yang menjadi kosong saat ini. Gambar di sebelah kanan itu diambil dua bulan kemudian pada tanggal 20 Agustus 2014 dan menunjukkan lokasi yang sama. Tank utama Rusia, Lapis baja pengangkut personel, truk kargo dan tend akomodasi yang semua terlihat jelas. Ini adalah salah satu contoh dari beberapa perkemahan bahwa Rusia telah diposisi dekat perbatasan dengan Ukraina Timur. Banyak dari kekuatan ini dikerahkan beberapa kilometer dari Ukraina, dan mampu menyerang dengan sedikit peringatan, dan berpotensi menghabisi dan mendorong mundur unit Ukraina. Rusia juga telah memindahkan sejumlah besar pesawat tempur dan helikopter di lapangan udara di sepanjang perbatasan. Pesawat tak berawak Rusia secara rutin menyeberang ke wilayah udara Ukraina.

Beberapa peralatan dari lokasi ini dipindahkan melintasi perbatasan dan digunakan untuk memasok dan melengkapi pasukan separatis yang beroperasi di Ukraina. Selama berbulan-bulan, Rusia telah memberikan pro separatis alat berat berupa tank, kendaraan lapis baja, artileri, dan beberapa peluncur roket. Sistem pertahanan udara juga telah diberikan kepada separatis, bahkan setelah jatuhnya Malaysia MH17.

image

Gambar 4 menunjukkan unit artileri self-propelled Rusia menembak di posisi dekat Krasnodon, Ukraina. Mereka didukung oleh kendaraan logistik yang mungkin membawa amunisi dan perlengkapan tambahan. Konfigurasi ini terlatih dan militer profesional yang mengatur aset mereka di darat, serta menunjukkan bahwa unit ini bukan amatir, tetapi tentara Rusia. (aco.nato.int).

Tinggalkan komentar