Rusia Telah Uji Rudal Iskander-M Hingga Tornado-G di Suriah

dok. Rudal Iskander-M Rusia. (Russsian MoD)

Seorang pejabat senior pemerintah Rusia menyebutkan peralatan militer baru negara itu yang diuji di Suriah, termasuk pengebom supersonik modern, sistem rudal, dan jet tempur, dirilis themoscowtimes.com, 17/12/2018.

Moskow telah melakukan ratusan serangan udara dan memberikan dukungan udara dan laut untuk pasukan pemerintah Suriah sejak melakukan intervensi dalam konflik negara itu pada September 2015.

“Sistem penerbangan baru telah menjalani uji coba dalam kondisi pertempuran,” kata Wakil Perdana Menteri Yury Borisov kepada wartawan, Senin, 17/12/2018.

“Baterai sistem rudal anti-pesawat Pantsir-S menghancurkan sejumlah besar drone dan rudal dan memberikan perlindungan untuk pasukan dan peralatan militer,” katanya.

Borisov menambahkan bahwa Rusia telah menguji sistem rudal balistik Iskander-M di Suriah, yang telah “membuktikan keefektifannya,” serta peluncur roket Tornado-G dan Smerch, Interfax melaporkan.

dok. Rudal Iskander-M Rusia (Russsian MoD)

Rusia juga menggunakan pembom strategis supersonik Tu-160, pembom supersonik Tu-22M3, dan pembom-penggerak baling-baling Tu-95 – serta pesawat tempur MiG-29K dan helikopter Ka-52K – untuk pertama kalinya di Suriah, Borisov mengatakan. .

Dia memuji jet tempur Su-35 dan Su-30SM untuk secara signifikan mengungguli spesifikasi mereka.

Koalisi pimpinan AS “secara signifikan mengurangi” serangan udara di Suriah timur laut setelah Rusia menerapkan sistem pertahanan permukaan-ke-udara S-300 pada Oktober, kata Borisov setelah perjalanannya ke Suriah pekan lalu.

Para senator Rusia berencana mengunjungi fasilitas angkatan laut Rusia dan pangkalan udara di Suriah minggu depan.