Home » Militer Indonesia » JF-17 Terlihat di Ulang Tahun Angkatan Udara Myanmar

JF-17 Terlihat di Ulang Tahun Angkatan Udara Myanmar

Jet tempur JF-17 Thunder buatan Pakistan © Faizanbokhari via Wikimedia Commons

The Chengdu/Pakistan Aeronautical Complex JF-17 Thunder terlihat dalam sebuah perayaan untuk menandai ulang tahun ke-71 Angkatan Udara Myanmar.

Gambar dan video acara 15 Desember itu beredar di media sosial, memperlihatkan empat pesawat JF-17 dalam skema kamuflase biru khas Myanmar. Satu gambar menunjukkan seorang petugas Myanmar memeriksa kokpit JF-17, dengan logo ’71’ khusus yang terlihat di pesawat jet.

Meskipun ada desas-desus tentang penjualan untuk Myanmar merupakan jenis bermesin tunggal, dan munculnya JF-17 dalam skema kamuflase Myanmar tahun lalu, para pejabat dari Pakistan dan Cina belum secara resmi mengumumkan kesepakatan tersebut.

Pada 16 Desember, kantor berita resmi Tiongkok, Xinhua, melaporkan bahwa Angkatan Udara Myanmar telah meresmikan tujuh jenis pesawat dan helikopter baru untuk menandai ulang tahun ke-71.

Flight Fleets Analyzer menunjukkan bahwa Myanmar memiliki enam JF-17 dalam layanan. Penambahan lainnya dalam beberapa tahun terakhir adalah 10 Yakovlev Yak-130 jet trainer canggih, satu Shaanxi Y-8, 20 Grob G120TPs, tiga Soko G-4, 12 Hongdu K-8, dan 31 UAC MiG-29s.

Rekaman media sosial dari acara ulang tahun ke-71 menunjukkan beberapa jenis yang muncul di layar, termasuk MiG-29, Yak-130, dan K-8.

Sumber: Flight Global