Myanmar Resmi Akuisisi JF-17 Thunder Baru

Jet tempur JF-17 Thunder Angkatan Udara Myanmar © Kemhan Myanmar

JakartaGreater.com – Angkatan Udara Myanmar telah meresmikan sebanyak 7 pesawat dan dan helikopter baru untuk menandai ulang tahun ke-71 berdirinya Angkatan Udara, seperti dilansir dari Kantor Kementerian Pertahanan Myanmar pada hari Minggu.

Perayaan yang dihadiri oleh Panglima Militer Jenderal Min Aung Hlaing dan Kepala Staf Angkatan Udara Myanmar Jenderal Maung Kyaw itu diadakan di pangkalan udara Meiktila pada hari Minggu.

“Pada ulang tahun ke-71 dari Tatmadaw (Angkatan Udara Myanmar), hari yang signifikan dan terhormat bagi Negara dan Tatmadaw, empat pesawat JF-17 dan dua pesawat ATR 72-500 serta satu unit Eurocopter ditugaskan ke layanan di Pangkalan Udara Meiktila pagi ini”, kata Panglima Militer Myanmar.

Pesawat dan helikopter yang baru melakukan demonstrasi terbang dan aerobatic udara, dan diikuti inspeksi pesawat diresmikan oleh Panglima Militer Min Aung Hlaing dengan merilis 70 burung sebagai jasa pembuatan sesuai dengan praktek-praktek tradisional.

Angkatan Udara Myanmar didirikan pada 15 Desember 1947, setahun sebelum Myanmar kembali merebut kemerdekaannya.

Jet tempur multiperan JF-17 buatan Pakistan. © Shimin Gu via Wikimedia Commons

Pada bulan Juli 2015, Myanmar menjadi pelanggan ekspor pertama dari JF-17 Thunder dan memesan 16 unit varian jet tempur JF-17 Blok II untuk mengganti 16 unit armada tempur pesawat serang darat Nanchang A-5IIK Angkatan Udara Myanmar yang telah tua dan juga  24 unit jet tempur Chengdu F-7M yang diterima dari China pada era 1990-an.

Jet tempur ringan JF-17 Thunder buatan Pakistan adalah pesawat tempur multiperan, mesin tunggal yang dikembangkan bersama oleh Angkatan Udara Pakistan, Pakistan Aeronautical Complex (PAC) dan Chengdu Aircraft Industries Corporation (CAIC) dari China.

JF-17 ini didukung mesin turbofan RD-93 Rusia, yang merupakan varian dari mesin RD-33 yang digunakan pada jet tempur Mig-29. JF-17 dapat membawa muatan senjata 3.600 kg pada tujuh cantelan dibawah sayap dan airframe pesawat.

Sharing

Tinggalkan komentar