Media AS: Rusia Bangun Barak Militer di Kuril Islands

Ilustrasi: Pangkalan Militer Rusia di Java, Georgia © Joy1994 via Wikimedia Commons

JakartaGreater.com – Rusia mengatakan telah membangun barak baru untuk menempatkan pasukannya di sebuah pulau yang disengketakan di sekitar Jepang serta akan membangun lebih banyak lagi di sana tahun depan, seperti dilansir dari media Amerika Serikat, RFE/RL.

Pengumuman oleh Kementerian Pertahanan Rusia pada 17 Desember, kemungkinan akan membuat marah Tokyo, yang menginginkan agar Moskow mengurangi aktivitas militernya di Kuril Selatan yang dikelola Rusia itu, dan dikenal Jepang sebagai Wilayah Utara.

Kepemilikan atas keempat pulau itu telah diperselisihkan sejak akhir Perang Dunia II, saat Uni Soviet menduduki mereka. Sengketa teritorial telah merusak hubungan antara Moskow dan Tokyo sejak itu, dimana perjanjian damai resmi Perang Dunia II belum ditandatangani antar kedua pihak.

Kementerian Pertahanan Rusia dalam sebuah pernyataan mengatakan bahwa Moskow telah berencana untuk memindahkan pasukan militernya ke empat kompleks perumahan di dua pulau tersebut minggu depan.

Pangkalan Militer Rusia di Kepulauan Kuril © RFE/RL

Ia juga mengatakan bahwa pasukan dipindahkan ke dua fasilitas serupa tahun lalu dengan tiga lagi barak yang direncanakan untuk dibangun pada tahun 2019.

“Juga di kedua pulau kami memiliki fasilitas penyimpanan modern dan panas untuk senjata dan kendaraan lapis baja”, sebut pernyataan itu, menambahkan bahwa lebih banyak fasilitas seperti itu direncanakan.

Tidak ada reaksi langsung dari Jepang.

Sementara itu, Kremlin mengatakan bahwa Perdana Menteri Jepang Shinzo Abe berencana mengunjungi Rusia pada tanggal 21 Januari karena Rusia dan Jepang meningkatkan upaya untuk mencoba meredakan ketegangan atas masalah tersebut.

RFE/RL, Inc. adalah perusahaan swasta, nirlaba, yang didanai oleh Kongres AS melalui United States Agency for Global Media (USAGM), sebuah lembaga pemerintahan federal independen yang mengawasi semua media sipil internasional milik AS.

Sharing

Tinggalkan komentar