Home » Alutsita Canggih » Latihan Jet Tempur TNI AU dengan RSAF Singapura

Latihan Jet Tempur TNI AU dengan RSAF Singapura

Latihan tempur TNI AU bersama Angkatan Udara Singapura berlangsung selama dua bulan. (credit: RSAF)

Pekanbaru, Jakartagreater.com   –   “Kita berharap lewat latihan bersama yang telah berjalan 51 tahun ini, terjalin saling pengertian antara kedua negara,” kata Kasau Marsekal TNI Yuyu utisna.

Hal ini disampaikan usai menutup 3rd Joint Fighter Weapon Course (JFWC) dan Latihan Bersama Elang Indopura XX, di main apron base ops Lanud Roesmin Nurjadin, pada Senin 17-12-2018. Kerjasama Angkatan Udara kedua negara ini telah berlangsung selama dua setengah bulan, secara resmi dibuka pada 6 September 2018 di Paya Lebar, Singapura, diawali dengan kegiatan JFWC.

“Kursus yang diikuti penerbang tempur dari kedua negara ini, bertujuan untuk meningkatkan kemapuan penerbang dalam menjalankan misi,” kata Kasau menjelaskan. Dalam JFWC ini, TNI AU melibatkan kekuatan tempur dari Sakdron Udara 3, Skadron Udara 12 dan Skadron Udara 16, sementara RSAF menerjunakn 6 pesawat tempur jenis F 16.

“Hasil dari kedua kegiatan ini kita harapkan hubungan yang telah terjalin selama 51 tahun ini semakin meningkat menjadi semakin erat, saling pngertian,” kata Kasau Marsekal TNI Yuyu utisna.

Kursus ini berlanjut dengan kegiatan Latihan Bersama dengan sandi Elang Indopura XX, sejak Senin 3-12-2018 selama 2 minggu. “Hasil dari kedua kegiatan ini kita harapkan hubungan yang telah terjalin selama 51 tahun ini semakin meningkat menjadi semakin erat, saling pngertian,” kata Kasau.

Ditambahkan Marsekal TNI Yuyu Sutisna, ke depan Kasau berharap tidak ada lagi perbedaan yang berpotensi menjadi friksi antara kedua negara. Penutupan Latma ini dilakukan Kasau Marsekal TNI Yuyu Sutisna bersama Chief Air Force RSAF Major General Mervyn Tan.

(tni-au.mil.id)