Perjalanan 11 Tahun Sistem AIP Kapal Selam China

Kapal selam Type 039A Yuan class China (foto : Common Wikipedia)

Awak kapal selam Xiao Haisheng adalah teknisi kapal selam pertama yang menguasai sistem AIP (air independent propulsion) di Angkatan Laut China.

AIP adalah perangkat untuk menghasilkan udara-independen, yang dapat meningkatkan daya tahan kapal selam saat menyelam dan bersembunyi.

Selama 22 tahun pengabdiannya, Xiao Haisheng telah mengumpulkan lebih dari 1.100 hari penyelaman di laut dan menyelam dengan aman sejauh 180.000 mil laut, dengan tingkat kesalahan “zero mistakes and zero errors”

Kapal selam diesel elektrik konvensional biasanya menggunakan baterai sebagai sistem tenaga selama kapal selam menyelam, dan daya tahan di bawah lautnya sangat singkat. Sistem AIP membuat kapal selam tidak perlu bergantung pada udara, dan dapat terus mengoperasikan pasokan listrik di bawah air, secara terus-menerus menyediakan tenaga bagi kapal selam untuk menyelam dalam waktu yang lama dan sangat meningkatkan penyembunyian kapal selam.

Jauh di dalam wilayah laut tertentu di Laut Cina Timur, kapal selam baru China yang dilengkapi dengan sistem AIP menyembunyikan dan melakukan patroli kesiapan tempur. Setiap setengah jam, teknisi AIP Xiao Haisheng memeriksa semua saluran pipa di kabin untuk memastikan kinerja sistem AIP selama melakukan misi patroli tempur.

Ketika bertugas, Xiao Haisheng dan kawan-kawannya harus tetap pada posisi siaga di dalam kabin yang berukuran kurang dari satu meter persegi, yang merupakan ujian besar untuk tubuh dan pikirannya.

Dengan transformasi dan pengembangan Angkatan Laut China, sejumlah peralatan baru (AIP) telah digunakan kapal selam China. Ketika AIP buatan dalam negeri pertama dipasang, Xiao Haisheng, yang menjabat sebagai pemimpin pasukan, mengambil inisiatif untuk dipilih sebagai awak kapal selam AIP pertama.

Kompleksitasnya konstruksi pada kapal selam dengan sistem AIP dan dengan tidak adanya bahan pelajaran dan hanya berdasarkan pengalaman, Xiao Haisheng harus menyentuh dan mempelajari sendiri sistem pipa yang panjangnya ribuan meter, ratusan katup, dan hampir seribu parameter teknis dalam waktu kurang dari setengah tahun.

Cina kini telah menguasai teknologi propulsi udara-independen (AIP), dan kapal selam angkatan laut negara China sekarang dapat diperlengkapi dengan sistem untuk mencapai tingkat advanced, setara dengan sistem serupa di negara maju.

Kapal selam AIP pertama China telah menyelesaikan lebih dari 50 tugas penting dan dengan aman berlayar ratusan ribu mil sejak ia dimasukkan ke dalam layanan 11 tahun yang lalu.

Asian