Home » Alutsita Canggih » Pesawat Il-76MD-90A ke-10 Rusia Selesaikan Uji Terbang

Pesawat Il-76MD-90A ke-10 Rusia Selesaikan Uji Terbang

Pesawat Il-76MD yang menjadi basis pengembangan pesawat laser anti-satelit Beriev A-60. © Dmitry Terekhov (CC BY-SA 2.0) via Wikimedia Commons

Sumber dari industri pertahanan mengatakan kepada TASS pada hari Sabtu bahwa Ilyushin IL-76MD-90A kesepuluh yang diproduksi secara serial, upgrade besar pesawat angkut militer IL-76, telah menyelesaikan uji terbangnya.

“IL-76MD-90A kesepuluh yang diproduksi serial telah menyelesaikan penerbangan pertamanya di Ulyanovsk,” katanya seraya menambahkan “pesawat akan segera diserahkan ke pusat uji penerbangan”.

Sebelumnya, sebuah rekaman video yang menunjukkan lepas landasnya sebuah pesawat yang mirip dengan IL-76 dari lapangan terbang yang tertutup salju dialirkan pada pembawa pesan.

Pesawat IL-76MD-90A merupakan IL-76 yang ditingkatkan (Candid dengan klasifikasi NATO). Kompleks navigasi baru, kontrol otomatis dan komunikasi meningkatkan keamanan penerbangan dan ketepatan airdrop. Modifikasi terbaru dibedakan oleh peralatan baru, termasuk kokpit kaca, mesin PS-90A-76 modern, sayap yang dimodifikasi dan sasis yang diperkuat. Pesawat IL-76MD-90A digunakan untuk mengembangkan tanker udara IL-78M-90A.

Sumber: Ruaviation