Rudal Nuklir Hipersonik Avangard Rusia Siap Disebar

ilustrasi: Rudal Rusia. (@ Russian MoD)

Presiden Rusia Vladimir Putin mengatakan pada hari Rabu, 26/12/2018 bahwa Rusia akan mengerahkan resimen pertama rudal berkemampuan nuklir hipersonik pada tahun depan, dan mengatakan langkah itu berarti negaranya sekarang memiliki jenis senjata strategis baru, dirilis TheMoscowtimes.com.

Putin berbicara setelah mengawasi apa yang dikatakan Kremlin adalah uji pra-penempatan sistem rudal baru, yang disebut Avangard.

“Tes ini, yang baru saja selesai, berakhir dengan keberhasilan penuh,” kata Putin dalam pertemuan pemerintah.

“Mulai tahun depan, 2019, angkatan bersenjata Rusia akan mendapatkan sistem strategis antarbenua baru Avangard … Ini adalah momen besar dalam kehidupan angkatan bersenjata dan dalam kehidupan negara. Rusia telah memperoleh jenis senjata strategis baru. ”

Rusia mengatakan sistem rudal baru, salah satu dari beberapa senjata baru yang diumumkan Putin pada bulan Maret, sangat dapat digerakkan, yang memungkinkannya untuk dengan mudah menghindari sistem pertahanan rudal.

Putin dari jarak jauh mengamati tes hari Rabu dari gedung kementerian pertahanan Rusia di Moskow. Kremlin menggambarkan tes itu dalam sebuah pernyataan, mengatakan bahwa rudal Avangard, diluncurkan dari sebuah lokasi di barat daya Rusia, telah berhasil mengenai dan menghancurkan sebuah sasaran di Timur Jauh Rusia.

Putin mengumumkan serangkaian senjata baru pada bulan Maret, termasuk Avangard, dalam salah satu pidatonya yang paling gencar selama bertahun-tahun, mengatakan bahwa mereka dapat mengenai hampir semua titik di dunia dan menghindari perisai rudal buatan AS.