Home » Militer Indonesia » Jepang Rilis Video Pembidikan Pesawat MSDF oleh Militer Korsel

Jepang Rilis Video Pembidikan Pesawat MSDF oleh Militer Korsel

Rekaman video yang diambil oleh pesawat patroli P-1 Pasukan Bela Diri Maritim Jepang memperlihatkannya mengitari kapal perusak Korea Selatan di Laut Jepang pada 20 Desember. Subtitel merah menunjukkan deteksi menjadi sasaran fire-control radar. (Video Kementerian Pertahanan Jepang)

Kementerian Pertahanan Jepang merilis rekaman video yang diambil oleh pesawat Pasukan Bela Diri Maritim (MSDF) yang memperlihatkan bahwa mereka menjadi sasaran radar kendali penembakkan kapal perusak Korea Selatan, pada 28 Desember. Video ini tampaknya menyangkal klaim Seoul bahwa provokasi itu tidak pernah terjadi.

Menurut pejabat Kementerian Pertahanan Jepang, video berdurasi sekitar 13 menit ini telah diedit agar tidak membocorkan sepenuhnya kemampuan pertahanan Jepang.

Subtitle merah muncul selama video menunjukkan deteksi terkunci oleh radar perusak. Video itu juga memperlihatkan awak pesawat menghubungi perusak Korea Selatan dan menanyakan dalam bahasa Inggris sebanyak tiga kali menanyakan apa maksud mereka.

Video diambil sekitar jam 3 sore pada tanggal 20 Desember di Semenanjung Noto. Rekaman itu menunjukkan kapal perusak Korea Selatan serta patroli Korea Selatan dan kapal penyelamat berjarak dekat. Ada juga yang tampaknya merupakan kapal nelayan Korea Utara di dekatnya.

Video ini dirilis sebagai tanggapan atas penolakan berulang kali oleh pejabat Korea Selatan bahwa kapal perusak mereka telah mengunci radar pengontrol pada pesawat MSDF.

Sumber: Asasi.com