Home » Militer Indonesia » Korea Selatan Selesaikan Desain Awal Kapal Selam Baru

Korea Selatan Selesaikan Desain Awal Kapal Selam Baru

Desain kapal selam 3000 ton Korea Selatan. (@ DAPA)

Seoul – Korea Selatan telah menyelesaikan desain pendahuluan kapal selam pribumi berkapasitas 3.000 ton yang memiliki kemampuan untuk operasi bawah laut yang lebih lama dan lebih cepat, kata agen pengadaan senjata Seoul, Rabu, 28/12/2018, dirilis Yonhap News.

Sejak Juli 2016, Daewoo Shipbuilding dan Marine Engineering Co. memimpin dalam mendesain kapal selam Batch-II kelas II Changbogo, yang konstruksinya akan dimulai pada paruh kedua tahun depan, kata Administrasi Program Akuisisi Pertahanan Korea Selatan (DAPA).

Kapal selam generasi berikutnya akan dilengkapi dengan baterai lithium yang dikembangkan secara lokal, yang akan memungkinkan operasi bawah air yang lebih lama, dan peralatan sonar dan tempur canggih yang akan meningkatkan kemampuan deteksi target dan kemampuan bertahan secara keseluruhan.

“Diharapkan dengan memiliki sistem senjata strategis yang dirancang berdasarkan teknologi mutakhir lokal, negara itu akan dapat lebih memperkuat kemampuan pertahanan independen Angkatan Laut,” kata DAPA dalam siaran pers.

DAPA mengatakan bahwa 80 persen komponennya dibuat oleh bisnis Korea.

Pada bulan September, Korea meluncurkan kapal selam Batch-I kelas Changbogo III, dinamai dari pejuang kemerdekaan Korea Selatan yang terkenal, Dosan Ahn Chang-ho, dengan penyebaran operasionalnya dijadwalkan Januari 2022. Tujuh puluh enam persen dari komponen kapal selam Batch-I itu diproduksi oleh perusahaan lokal.