Home » Alutsita Canggih » Kapal Selam India Kini Dilengkapi SLBM Seri K

Kapal Selam India Kini Dilengkapi SLBM Seri K

Kapal selam INS Kalvari, kapal pertama dari enam kelas Scorpene pesanan India melaksanakan uji coba laut © Indian Navy via Wikimedia Commons

JakartaGreater.com – Angkatan Laut India menerima rudal balistik yang diluncurkan kapal selam (SLBM) seri K. Organisasi Penelitian dan Pengembangan Pertahanan (DRDO) yang dikelola oleh negara memimpin program ini, seperti dilansir dari Forecast Internasional.

Rudal SLBM K-5 dapat mengirimkan hulu ledak nuklir dengan jangkauan 5.000 km. Rudal ini akan menjalani serangkaian uji coba pengembangan terlebih dahulu sebelum dilantik ke kapal selam Angkatan Laut India.

Uji peluncuran rudal balistik Sagariga K-15 dari kapal selam © Kemhan India via Wikimedia Commons

Anggota lain dari seri K adalah dengan jangkauan 750 – 1.500 km seri K-15 (B-05) Sagarika (Samudera) dan varian rudal dengan jangkauan 3.500 km ada K-4. Sistem-sistem ini telah diuji coba beberapa kali. K-15 adalah versi SLBM dari rudal balistik Shaurya.

Rudal K-15 telah terintegrasi dengan kapal selam kelas Arihant. Dan dikabarkan bahwa INS Arihant akan menerima rudal SLBM K-4 dalam waktu dekat ini.

Rudal-rudal seri K secara intrinsik penting bagi persenjataan pencegah nuklir India karena mereka memberi India kemampuan serangan kedua yang ideal dan kebal yang dinyatakan dalam Doktrin Nuklir India, yang dengan demikian mengubah keseimbangan kekuatan di kawasan Asia demi kepentingan India.