Italia Berencana Hentikan Penjualan Senjata ke Arab Saudi

Ilustrasi: Amunisi VULCANO 127mm Leonardo, Italia. (Leonardo)

Perdana Menteri Italia, Giuseppe Conte, mengatakan bahwa negaranya berencana menghentikan penjualan senjata ke Arab Saudi.

Kantor berita Anadolu melaporkan bahwa saat menjawab pertanyaan pada konferensi pers akhir tahun yang diadakan di ibukota Italia, Roma, Conte mengatakan bahwa pemerintahnya berencana untuk meresmikan keputusan itu segera.

“Kami tidak mendukung penjualan senjata ini dan jadi sekarang ini hanya masalah formalisasi posisi ini dan bertindak sesuai,” Conte menjelaskan, menjawab pertanyaan tentang apakah Italia akan melanjutkan penjualan senjata ke Arab Saudi sehubungan dengan perangnya di Yaman dan keterlibatan dalam pembunuhan jurnalis Saudi Jamal Khashoggi pada Oktober.

dok. Perdana Menteri Italia, Giuseppe Conte. (www.quirinale.it via commons.wikimedia)

Kematian Khashoggi menyebabkan kemarahan global terhadap Arab Saudi, dengan CIA baru-baru ini mencapai kesimpulan bahwa Khashoggi terbunuh setelah perintah langsung dari Putra Mahkota Saudi Mohammad Bin Salman (MBS). Namun, Presiden AS Donald Trump meragukan temuan CIA, menekankan bahwa MBS adalah mitra lama Amerika Serikat.

Beberapa negara lain telah menghentikan penjualan senjata ke Arab Saudi setelah pembunuhan Khashoggi, termasuk Jerman, Denmark dan Austria.

Sumber: Middle East Monitor

Sharing

Tinggalkan komentar