Rusia Tangkap Warga AS Diduga Mata-Mata - JakartaGreater

Rusia Tangkap Warga AS Diduga Mata-Mata


Agen FSB di Bandara Domodedovo (foto : wikipedia)

Siaran pers Keamanan Federal Rusia (FSB) melaporkan pada hari Senin bahwa pihaknya telah menahan seorang warga negara Amerika Serikat yang diduga melakukan spionase di Moskow dan proses pidana saat ini sedang berlangsung.

“Pada 28 Desember 2018, di Moskow, seorang warga AS Paul Whelan ditahan oleh petugas FSB karena melakukan operasi mata-mata,” rilis FSB. Pelanggaran Pasal 276 KUHP Rusia yang dilakukan tahanan AS dengan kemungkinan hukuman penjara selama 20 tahun bisa dijatuhkan untuk kasus spionase.

FSB tidak mengungkapkan rincian kegiatan mata-mata yang dilakukan oleh warga AS itu. Kedutaan Amerika di Moskow juga belum mengomentari penahanan warganya oleh otoritas Rusia..

Hubungan AS-Rusia sangat tegang karena konflik yang terjadi di Ukraina dan aneksasi Rusia atas Krimea, perang di Suriah, dan kecurigaan bahwa Moskow mungkin telah ikut campur dalam pemilihan presiden di AS pada 2016. Sehubungan dengan peran Rusia dalam konflik Ukraina, AS dan negara-negara Barat lainnya sudah menjatuhkan sanksi pada Rusia, perusahaan dan bank Rusia.

Rusia juga dituduh melakukan berbagai serangan dunia maya dan skandal mata-mata di Barat, termasuk kegiatan Rusia yang meracuni mantan mata-mata ganda Rusia, Sergey Skripal dan putrinya di Inggris.
Defence24

Tinggalkan komentar