India Akan Kirim Lagi 4 Mi-25 ke Angkatan Udara Afghanistan

Mi-25 merupakan varian dari helikopter serang Mil Mi-24 buatan Rusia. (Foto oleh Angkatan Udara AS via UPI)

Pemerintah India akan mengirimkan empat helikopter tempur Mi-25 lagi ke Angkatan Udara Afghanistan dengan pengiriman dua kapal tempur yang dijadwalkan pada bulan Maret tahun ini.

Ini terjadi karena para pejabat Afghanistan telah mengatakan sebelumnya bahwa perjanjian telah ditandatangani antara Afghanistan, Belarus, dan India untuk pengiriman empat kapal tempur.

‚ÄúSemoga kami akan menerima yang pertama dari dua di bulan Maret. Itu hanya proses yang membutuhkan waktu. Dua lainnya akan datang pada bulan Juni atau Juli. Itu hanya masalah persiapan. Mereka akan segera tiba,” Penasihat Keamanan Nasional Afghanistan, Hamdullah Mohib, mengatakan dalam sebuah wawancara oleh Strategic News International of India.

Mohib tiba di New Delhi minggu lalu untuk bertemu dengan rekannya dari India dan pejabat India lainnya.

“Mengadakan pertemuan produktif di India dengan rekan saya NSA Ajit Doval dan pejabat keamanan lainnya mengenai stabilitas regional, kemajuan demokrasi dan upaya perdamaian yang sedang berlangsung di Afghanistan, dan kerja sama keamanan bilateral,” katanya setelah pertemuannya dengan Ajit Doval, Penasihat Keamanan Nasional dari India.

India telah memainkan peran utama dalam rekonstruksi Afghanistan sejak jatuhnya rezim Taliban dan telah menginvestasikan lebih dari $ 2 miliar dalam berbagai proyek rekonstruksi dan infrastruktur.

Pemerintah India menjanjikan paket bantuan baru senilai $ 1 miliar untuk mendukung proyek-proyek rekonstruksi di Afghanistan selama kunjungan Presiden Mohammad Ashraf Ghani pada akhir 2016.

Kedua negara juga telah mengembangkan kerjasama tingkat tinggi dalam hal militer dan keamanan selama beberapa tahun terakhir.

Sumber: khaama.com

Sharing

Tinggalkan komentar