Home » Militer Indonesia » AS Akan Beli Dua Baterai Iron Dome dari Israel

AS Akan Beli Dua Baterai Iron Dome dari Israel


Israel tembakkan rudal dari sistem Iron Dome (foto:Common Wikipedia)

JakartaGreater.Com – Angkatan Darat AS akan mendapatkan dua baterai Iron Dome pada tahun 2020 serta mempertimbangkan untuk mengoperasikan sistem Indirect Fire Protection Capability Increment 2-Intercep yang dikembangkan oleh Israel, seperti dirilis oleh Inside Defense.

Baterai Iron Dome akan memberikan perlindangan pasukan AS dari serangan drone bersenjata, mortir, roket, artileri dan rudal jelajah musuh.

Angkatan Darat AS selama ini telah bekerja untuk mengubah sistem intersep asal Israel menjadi sistem Amerika untuk melindungi pasukan AS yang dikerahkan sejak tahun 2017. Angkatan Darat AS telah melakukan tes untuk mengevaluasi sistem rudal mana yang paling baik.

Menurut dokumen kongres yang dilaporkan oleh Yediot Ahronot, militer AS akan menginvestasikan anggaran sebesar US$ 289,7 juta untuk tahun fiskal berjalan dan US$ 83,8 juta tahun berikutnya untuk mengintegrasikan sistem. Selain itu, Angkatan Darat AS meminta anggaran US$ 1,6 miliar hingga tahun 2024 untuk integrasi penuh sistem Iron Dome.

“Sistem Iron Dome memberikan nilai terbaik bagi militer AS dalam hal jadwal untuk akuisisi dan penyebarannya,” kata laporan AS itu.

Sistem ini akan sepenuhnya diproduksi di Amerika Serikat oleh Rafael sebagai subkontraktor dan Raytheon sebagai mitra Rafael AS untuk memproduksinya.

Jerusalempost

Tags: