Sep 092014
 
Rudal Krypton Kh-31 diusung Fighter Sukhoi Indonesia (photo: FB Jiwa Merah Putih)

Rudal Krypton Kh-31 diusung Fighter Sukhoi Indonesia (photo: FB Jiwa Merah Putih)

Surabaya – Pesawat-pesawat tempur TNI untuk peringatan HUT TNI ke-69 akan masuk Jatim pada 21 September 2014. Pesawat-pesawat itu terdiri dari berbagai jenis dengan jumlah total sebanyak 222 unit.

Kepala Dinas Penerangan (Kadispen) Armatim, Letkol Laut (KH) Drs Abdul Kadir, mengatakan pada 22 September, pesawat-pesawat ini akan langsung latihan gabungan (latgab) dengan TNI AL dan TNI AU.

“Total ada 222 pesawat tempur, 85 di antaranya jenis helicopter,” kata Kadir di kantornya, Senin (8/9/2014).

Kadir menuturkan, pesawat-pesawat ini sebagian besar akan ditempatkan di Terminal 1 (T1) dan Terminal 1 (T2) Bandara Juanda. Sementara sebagian kecil akan diparkir di Bandara Abdul Rachman Saleh Malang dan Pangkalan Udara Iswahyudi Madiun.

“Kami juga siapkan hangar khusus karena pesawat ini berbeda dengan pesawat biasa, terutama untuk pesawat Sukhoi dari Rusia dan F5 Tiger yang baru dibeli dari Perancis,” sambungnya.

Kadir menerangkan latgab yang berlangsung sampai 4 Oktober ini merupakan semacam gladi kotor pertunjukan parade TNI. Sebelumnya, pada 12 Agustus sampai 21 September nanti, semua elemen berlatih di kesatuannya masing-masing.

“Untuk pesawat, sekarang sedang latihan membentuk formasi. Sama, kami TNI AL juga sedang berlatih sendiri, begitupun TNI AD. Nanti pada 22 September latgab untuk menyatukan rangkaian pertunjukan yang sudah dilatih tadi,” ujarnya.

Dijelaskan, selain untuk menyeragamkan, latgab selama 17 hari ini diperlukan untuk menyelaraskan serta mematenkan waktu masing-masing personil.

“Supaya timing-nya tepat,” ucap Kadir, yang lanjut mengatakan peringatan HUT TNI ke-69 ini akan dipimpin langsung Presiden Susilo Bambang Yudhoyono.

Latgab ini akan dimulai pukul 09.00 WIB dan maksimal akan selesai pukul 14.00 WIB tiap harinya. Untuk acara puncak, 7 Oktober akan berlangsung mulai pukul 09.00 WIB dan diperkirakan akan selesai pada pukul 12.00 WIB.

Kadir menuturkan meskipun Bandara Juanda akan dipadati pesawat-pesawat tempur TNI, hal tersebut tidak akan sampai melumpuhkan jadwal penerbangan komersial.

“Kan nanti ada koordinasi. Yang jelas, penerbangan komersial tidak akan lumpuh, apalagi bandara sampai tutup,” pungkasnya. (surabaya.tribunnews.com).

  371 Responses to “222 Pesawat TNI Masuk Juanda”

  1.  

    terlalu banyak yg bocor,,mkx langsung di banting ma bung jalo,,hehehe,,mau hoex ato tdk,,tetap aja ane cinta TNI di semua matra,,perang vietnam tdk di tentukan pada peralatan tempur modern,,tp toh bisa mengusir asu,,trus perang hamas vs israel,,bayangin milisi lawan tentara modern bersenjata lengkap,,toh tdk mampu jg menundukan hamas,,hehehe maaf cm pendapat orang yg lg mumet.hahaha

  2.  

    Jantungan dah…………..

  3.  

    Daftar pesawat yang diterbangkan memang berbeda dengan daftar pesawat yang diparkir (termasuk dalam hanggar khusus). Inspeksinya juga berbeda, kalau untuk konsumsi masyarakat ya liat yang diterbangkan saja, sedangkan inspeksi hanggar khusus tertutup untuk tamu VIP saja.

    •  

      VIP DAN VVIP saja pintu masuk & “Pertunjukan” nya sdh berbeda bung..

      •  

        Bung PR/bung ‘Wisnu” kami para warjager menunggu dengan sepenuh hati lanjutan artikel Alutsista Trimatra dan Latgab 2014 Hoax Cornernya lho….tadi bung NR kan nyentil bung PR ini reinkarnasi/ganti KTP-nya bung “wisnu”…

    •  

      Ijin Cap jempol buat bung Kobu.

    •  

      Mungkin sepuh di sini yang punya link khusus dengan acara ini bisa kasih info ke kami yang sipil tentang tempat strategis untuk nonton acaranya. Sebab kami ingin menumbuhkan semangat NKRI ke anak anak kami yang bisa menonton parade militer. Apapun yang ditampilkan akan menumbuhkan rasa nasionalisme kami dan siapa tahu calon calon KSAL, KSAU, KASAD mungkin presiden kemungkinan ada diantara anak anak kecil dengan bangganya ikut menonton parade militer. Kenangan indah naik BTR-50 waktu kecil memicu saya pribadi untuk mencintai TNI. Apapun yang hadir entah A4 jika masih ada, atau memang rafale sekalian patut kita syukuri.

    •  

      Hmm… kalau menyelinap resiko ditangkap nggak ya ?

  4.  

    salam persatuan dan kesatuan warga warjager,..salam hormat sesepuh warjager :

    Mohon maaf jika boleh berandai andai,rincian DEFILE matra udara HUT TNI-69 sbb :

    Total unit = 222

    – PESAWAT TEMPUR :

    – Sukhoi 27 / 30 ……………….. 12 unit ( new )
    – F-16 block 25 ID …………….. 06 unit ( retrofit – new .. setara block 52 )
    – F-16 block 15/25 ……………. 10 unit ( reguler )
    – T-50 Golden Eagle ………….. 12 unit ( new )
    – Super Tucano ………………… 08 unit ( new ) .( 12 unit akan segera datang )
    – Typhoon ……………………….. 06 unit ( new ) ( order : 2 skuadron /bertahap )
    – Hawk 109 / 209 ……………… 12 unit ( reguler )
    ===============================================================
    – total …………………………….66 unit pesawat tempur ( 50 unit – pespur baru )
    ===============================================================

    PESAWAT ANGKUT BERAT, SEDANG, RINGAN :

    – Hercules C – 130 …………… 06 unit
    – CN – 295 ……………………. 06 unit
    – CN – 235 ……………………. 16 unit
    – CN – 212 ……………………. 16 unit
    =========================================
    – total …………………………….44 unit
    =========================================

    PESAWAT INTAI / MARITIM :

    – CN – 235 MPA……………… 06 unit
    – CN – 212 MPA …………….. 06 unit
    =========================================
    – total ……………………………. 12 unit
    =========================================

    PESAWAT LATIH RINGAN / AEROBATIK :

    – Grop G-120 ………………… 09 unit
    – Wong Bae …………………. 06 unit
    =========================================
    – total …………………………….15 unit
    =========================================

    HELICOPTER TEMPUR / SERANG / AKS / ANGKUT :

    – MI – 35 ………………………. 05 unit
    – MI – 17 ………………………. 08 unit
    – Apache AH-64 …………….. 02 unit
    – NBO 105 …………………… 12 unit
    – AS-550 Fennec …………… 06 unit
    – H-61 Tiger …………………. 06 unit
    – EC – 725 Caugar …………. 06 unit
    – AS – 565 Panther ………… 06 unit
    – Bell 412 EP ………… …….. 08 unit
    – Bell 402 ….. ………… …….. 10 unit
    – Bell 205 …………… …….. 10 unit
    – Super Puma ………………. 06 unit
    ======================================
    – total ……………………………. 85 unit
    =======================================

    mohon maaf jika ada salah penulisan dan jumlah …… maklum tukang cangkul klotok….

  5.  

    Selamat Ulang Tahun Bapak Presiden.. Semoga selalu diberikan Kesehatan Jasmani & Rohani, agar terus dapat Mengabdikan diri untuk Bangsa ini lwt Pemikiran & Ide2 nya. Semoga Bapak & Keluarga selalu dalam Lindungan Allah SWT, dijauhkan dr segala Marabahaya. Amin.

  6.  

    Clue dari bung Nara sudah mulai terkuak sedikit demi sedikit.

    ngomong-ngomong bung Nara ko lama ga kliatan ya..
    F5 tiger baru, orang AU nya keceplosan ini, Welcome JIN RAFA..

  7.  

    Rafale Rafale Rafale Rafale….

  8.  

    Ini ada paya yach pasar rame bener? 😀

  9.  

    Ini ada paya yach warung rame bener? 😀

  10.  

    Sy pribadi pinginnya acara tsbut (juga)bs brlangsung di natuna..tanjung dato..batam..atau tmpt2 perbatasan dgn negara lain..biar mrk pd tau potensi militer negara kt..
    Ratusan pswt Indonesia terbang dkt prbtsn pasti mmbuat negara2 tsbt spt sdg mimpi..mimpi buruk!!

  11.  

    Xixixi..

    Teh melati saya mau bung De_Ka..

  12.  

    ternyata banyak yaa….itu yg kliTan yg gk kliatn mngkin msh Da….tp syg yaaa ntu psawT jrang lewT wilayh ane biar pilot.a ada yg dri NTB tp pswat.a gk prnh sliweran d marii..hmmm cmn bsa bangga jyalah TNI…dan tdk lpa slmat ulang tahun presidenku trcnta smga d akhir msa bhaktimu senantiasa slalu d beri ksehTn..amiinn

  13.  

    Kalau heli masak sih perlu hanggar khusus? Kalau heli diparkir di Malang kejauhan dong menuju Tanjung Perak. Kalau heli di Malang berarti pespurnya startnya bukan dari Malang dong tapi lebih jauh lagi agar bisa rendesvouz di Surabaya. Lah trus ngapain Sukhoi di Malang? …

    Sepertinya ada satu kata yang ketinggalan yaitu : “pengganti”. Shg kalimat lengkapnya seharusnya “pengganti F5 Tiger yang dibeli baru dari Perancis”. Sukhoi + pespur pengganti F5 start dari Malang, F-16 dari Madiun akan lebih mudah rendesvouz dgn heli lain yg start dari Juanda.

  14.  

    Sedih gak bisa liat paradenya di surabaya gara-gara masuk kuliah, saya mohon sama bung satrio yg tinggal disurabaya sama warjagers yang nantinya liat parade TNI tolong difotoin alutsistanya. Saya minta tolong bung di share dimari dibuatin artikelnya jika berkenan tolong dikirim ke email saya nusantarakuuu@gmail.com saya janji tidak akan melanggar hak cipta anda bung, foto itu hanya untuk saya pribadi bung, pengen saya tempel di kamar kost buat semangat saya he he he

  15.  

    yang paling mungkin ya melati 3, karena dianggap berhasil dalam proses pengadaannya.

  16.  

    Kalau F 5 Tiger sekarang yang bisa terbang cuma 1-2 pesawat saya kok gak Percaya..
    Dulu pembelian F 5 tiger itu 1 ska penuh ,sebanyak 16 pesawat,dua unit crash jadi Tinggal 14 unit,,
    F 5 Tiger yang tersisa 9 unit yang pernah diupgrade dibelgia, sedangkan 5 unitnya ini yang banyak yang sudah pensiun dan dijadikan monumen dimusium..

    F 5 Tiger yang diretrofit oleh SABCA ada yang ketinggalan untuk diserahkan karena keburu Indonesia kena Embargo militer.. dan syukur sudah kembali,
    Bagi kalangan Pilot TNI AU pesawat ini dijuluki Babi karena cepat dalam trek lurus ,menanjang maupun menukik, tetapi untuk belok kurang manuvernya,, Sesungguhnya jam terbang F 5 kita masih ribuan jam

    Indonesia ditawari hibah F 5 tiger oleh negara sahabat bukan hanya satu dua kali saja ,
    Tahun 2005 Indonesia akan diberi hibah f 5 oleh Yordania tetapi tidak diberi ijin oleh usa karena masih diembargo,
    Tahun 2012 ditawari hibah oleh Taiwan,,sebanyak 16 unit,, dan terakhir Konpensasi dari Korsel sebagai pembeli pertama Golden Eagel maka diberi bonus hibah F 5 tiger,,

    Makanya perkiraan saya paling sedikit kita masih mempunyai 20 unit F 5 tiger, walupun di IWJ sekarang cuma ada kurang dari sepuluh unit hehehehehe

    F5 Tiger milik Singapore malah bisa menembakkan amramm dan Maverick juga berkemampuan air refueling terakhir latma disini yaa di daerah lombok ..
    Imho

  17.  

    saya pernh liat pesawt d ujung sayap kanan kiri ny/bukan di bwah sayap ny , ad benda panjang besar,kalo rudalj gede jg y,it pesawat ap y kira2, trs sminggu yg lalu liat jg pesawat jet sembur asap banyak and body ny gede sayapny agak panjng,biasa ny jet laen ngk kaya gitu, itu pesawt ap y? ato mata saya yg kelilipan jd liat yg aneh oiya liat ny d balikpapn

  18.  

    Bung de_ka. Mana ada melati 3 tau koper ber borgol. Aneh2 ajah. Nanti di jepret karet gelang loh

  19.  

    Kebetulan saya dr kota Reog, beberapa hari ini latpurnya sampai sore, tempat latihannya di utara tempat tinggal saya. Kalau muter biasanya lewat tepat di atas genting rumah saya… suaranya itu o gan…. btw yng di madiun jenis pespurnya apa ya?

  20.  

    Mungkin yg diliat bung gembul tuuhh yg bersarang dimakassar kalee,,,tapi secara saya jg menaruh curiga kalau lanud itu ada burung yg berhiberbasi hehheehhh

  21.  

    Mungkin yg diliat bung gembul tuuhh yg bersarang dimakassar kalee,,,tapi secara saya jg menaruh curiga kalau lanud itu ada burung yg berhibernasi hehheehhh

  22.  


    makasih pencerahan bung jalo@

    semoga pemerintah kedepan bisa menjinakan semua pemimpin negara dan yg terpenting..

    su 35 bm minimal 1 ska ,,2015
    s 300 300 unit plus tot ,2015
    s 400 100 unit 2016
    ks rasa ruski 34 sesuai jumlah prop…si,,klu bisa di instal icbm 2015 – 2017
    desto 1 aja 2015,jadi 10 paada 2017..
    buk m ..seberapa perlunya
    tank yg dari inggris lupa namanya chalenger ya 400 plus tot yg berat 63 ton tapi ini tank yg sangat di takuti ruski 2015
    rafale 1 ska 2016 plus tot
    atgm dan rudal yg bisa di tentang sebanyak2nya

    cmiiw
    plus
    imho!

  23.  

    lagi lagi seandainya saja ….. boleh berandai andai ………

    idealnya tahun 2015 – 2019, setidaknya ada penambahan pespur :

    – 2 skuadron typhoon
    – 1 skuadron sukhoi 35

    idealnya tahun 2020 – 2024, setidaknya ada penambahan pespur :

    – 1 skuadron sukhoi T-50 PAT FA
    – 1 skuadron F-35 ID

    idealnya tahun 2025 – 2029, setidaknya ada penambahan pespur :

    – 3 skuadron IFX ++

  24.  

    Alutsista gressz as Now and Coming soon.. “HUT TNI”
    MBT Leo + Marder
    f-16 block 52-ID
    Super tucano
    3 Korvet dengan nolam 357, 358, 359
    PKR sigma class
    Apache AH 64E + BlackHawk (u/ BH molor kayanya)
    Pesawat angkut sedang + berat baru (Hercules, Chinook belum fix)
    CN 235-220 MPA
    Heli Cougar EC-725
    Heli Bell 412-EP
    UAV Heron
    Heli AKS panther
    Heli Fennec AS 55AP
    Panser amfibi BTR-4
    Jet Rafale / Typhoon ( hayo kira2 kapan datangnya? )
    u/ KS silahkan tanya bung PS dkk saja ( 2 Kilo class sepertinya akan splash it! ) ?

  25.  

    saya lihat dari kantor Lt2 pesawat sukhoi akhir2 ini setiap hari latihan terbang terus dari pagi sampai siang, dan ada yg saya lihat agak beda dari pesawat yang lain, yang membedakan bentuk sayapnya

 Leave a Reply