222 Pesawat TNI Masuk Juanda

371
215
Rudal Krypton Kh-31 diusung Fighter Sukhoi Indonesia (photo: FB Jiwa Merah Putih)
Rudal Krypton Kh-31 diusung Fighter Sukhoi Indonesia (photo: FB Jiwa Merah Putih)

Surabaya – Pesawat-pesawat tempur TNI untuk peringatan HUT TNI ke-69 akan masuk Jatim pada 21 September 2014. Pesawat-pesawat itu terdiri dari berbagai jenis dengan jumlah total sebanyak 222 unit.

Kepala Dinas Penerangan (Kadispen) Armatim, Letkol Laut (KH) Drs Abdul Kadir, mengatakan pada 22 September, pesawat-pesawat ini akan langsung latihan gabungan (latgab) dengan TNI AL dan TNI AU.

“Total ada 222 pesawat tempur, 85 di antaranya jenis helicopter,” kata Kadir di kantornya, Senin (8/9/2014).

Kadir menuturkan, pesawat-pesawat ini sebagian besar akan ditempatkan di Terminal 1 (T1) dan Terminal 1 (T2) Bandara Juanda. Sementara sebagian kecil akan diparkir di Bandara Abdul Rachman Saleh Malang dan Pangkalan Udara Iswahyudi Madiun.

“Kami juga siapkan hangar khusus karena pesawat ini berbeda dengan pesawat biasa, terutama untuk pesawat Sukhoi dari Rusia dan F5 Tiger yang baru dibeli dari Perancis,” sambungnya.

Kadir menerangkan latgab yang berlangsung sampai 4 Oktober ini merupakan semacam gladi kotor pertunjukan parade TNI. Sebelumnya, pada 12 Agustus sampai 21 September nanti, semua elemen berlatih di kesatuannya masing-masing.

“Untuk pesawat, sekarang sedang latihan membentuk formasi. Sama, kami TNI AL juga sedang berlatih sendiri, begitupun TNI AD. Nanti pada 22 September latgab untuk menyatukan rangkaian pertunjukan yang sudah dilatih tadi,” ujarnya.

Dijelaskan, selain untuk menyeragamkan, latgab selama 17 hari ini diperlukan untuk menyelaraskan serta mematenkan waktu masing-masing personil.

“Supaya timing-nya tepat,” ucap Kadir, yang lanjut mengatakan peringatan HUT TNI ke-69 ini akan dipimpin langsung Presiden Susilo Bambang Yudhoyono.

Latgab ini akan dimulai pukul 09.00 WIB dan maksimal akan selesai pukul 14.00 WIB tiap harinya. Untuk acara puncak, 7 Oktober akan berlangsung mulai pukul 09.00 WIB dan diperkirakan akan selesai pada pukul 12.00 WIB.

Kadir menuturkan meskipun Bandara Juanda akan dipadati pesawat-pesawat tempur TNI, hal tersebut tidak akan sampai melumpuhkan jadwal penerbangan komersial.

“Kan nanti ada koordinasi. Yang jelas, penerbangan komersial tidak akan lumpuh, apalagi bandara sampai tutup,” pungkasnya. (surabaya.tribunnews.com).

371 KOMENTAR

  1. Hehehehehe, saya lucu lihat komentar, daftar pesawat yg akan ditampilkan sudah ada di ane. Nanti jangan kaget kalau yg di pamerkan tidak sesuai harapan, seperti Latgab kemarin. 😀

    Oooh iya, hari Jumat saya di Surabaya ada yg mau kopdar?? Nongkrong nyok, 😀

    • Bung Jalo bukan membanting berita yang bikin perut hoax-hoex, hanya mengerem saja itu clue-clue yang terlanjur bocor kasar. Agar para warjager tidak tambah parah hoax-hoexnya. Nanti malah bisa masuk UGD, nggak bisa nonton parade hari TNI tanggal 07 Okt 2014. Tambah nyesel khan…?

      • Heheheheheehe, jadi begini bung tahu gak susahnya tim pengadaan memperjuangkan alutsista. Jadi kalau digembar-gembor bahwa kita punya ini itu sedangkan kenyataan gak gitu akhirnya yg susah tim pengadaan juga. Contohnya gini, tim pengadaan akan mengadakan penggantian pesawat F-5, lalu sejumlah pilihan ada seperti SU-35. Tapi di warjager sudah teriak2 bahwa kita punya pesawat setipe dengan SU-35 dengan klaim avionicsnya sama. Itu nanti tim pengadaan membawanya ke wakil rakyat biar dana cair, lalu diginiin sama wakil rakyat, itu di JKGR infonya sudah ada ngapain lagi beli.

        Saran saya, lebih baik kita menjadi media yang pintar, ada kekurangan kita kasih solusi bukan malah berita menyesatkan. Mari kita juga menjadi media yg memantau pembelian alutsista dengan uang hasil perjuangan masyarakat Indonesia ini biar tidak terjadi mark-up atau praktek2 korupsi lainnya.

        Kalau ada yg merugikan mari kita kritisi, meski media kita kecil tapi kita sudah mewakili masyarakat Indonesia menyampaikan aspirasi kami. Dan mari tunjukan bahwa kita adalah masyarakat cerdas, bukan masyarakat yang cuman mengikuti keinginan. Salam

        Maaf cuman pendapat saya aja, kalau ada yg mau kritisi silahkan.

        • kalau saya yg koment seperti ini pasti lsg pada banyak yg kontra, mari bicara realita yang ada (“sedikit rahasia”) jadi mari forum ini juga dijadikan sharing informasi tp jangan menyesatkan dan meninabobokan kita, saya sepakat dengan bung jalo bahwa mari dengan media ini kita bisa ikut memberikan sedikit wawasan ke masyarakat umum bahwa kondisi realnya militer kita itu seperti apa ? banyak yang tidak tahu sama sekali bahkan banyak yang menganggap kita ini sekuat amerika, ini yang saya temui di sekitar saya. ketika saya berbusa busa memberikan info ke mereka capek juga bung, nah maksud saya JKGR ini kadang saya rekomendasikan untuk mereka yg pengen cari info tsb. tp ya banyak yang malah kebingunan dengan info di sini, kalau saya pribadi sih maksud juga media ini di bangun ada berita opini , realita dan harapan yg di muat tinggal pinter2 kita menyaringnya (” kata orang kepada saya”). saya lebih banyak silent selama ini tp kalo sm bung jalo ini kok enak ya bawaannya klo nanggapi koment (santun) dan mencerdaskan ga emosional. dan semoga saya menemukan site buat orang2 di sekitar saya untuk mengenal dan mengetahui siapa apa dimana punya apa MILITER kita, banyak jg sih site spt indomiliter, bung jagarin, analisismiliter yg saya rasa bagus kupasannya. tapi saya terlalu berharap banyak mungki sama JKGR mohon maaf bung diego ya, dan garis besarnya saya setuju sm komen bung jalo diatas, bukan lagi korupsi tapi MAFIA Korupsi dinegri ini sampai di militer jg. salam Indonesia buat semua.makasih

          • Bung Edisusanta, masalah informasi yang ada di sini rasanya memang selalu jadi bahan diskusi hangat, terutama saat muncul sesuatu yang dirasakan “wah”. Itu rasanya tak lepas dari harapan yang sangat besar terhadap kewibawaan dan kekuatan negara khususnya militer.

            Sedemikian besarnya harapan itu sehingga ketika muncul informasi yang meskipun kecil, tapi jika terselip pesan “samar-samar”, akan bisa dipersepsikan beragam dan dapat melambungkan angan.

            Memang kemampuan mencerna informasi bergantung pada masing-masing pembaca. Saya yakin ada yang menyisakan ruang kritis pada benak, tapi ada juga yang mungkin menelan kesemuanya begitu saja (sadar atau tidak sadar) tanpa menelaah.

            Salah satu yang mestinya dipahami oleh semua pembaca/komentator bahwa siapapun bisa mengkases warung ini, termasuk warga negara lain sekalipun. Apa artinya, informasi di sini niscaya tak semuanya “transparan”, sehingga pembacanya harus selalu belajar untuk memahami apa yang sebenarnya, di balik informasi-informasi yang tersaji. Apalagi kalau informasinya samar-samar. Pinjam istilah dari Pak Satrio, “mencerna sampai halus, baru ditelan”. Tapi kalau pakai bahasanya politisi, judulnya “ngeri-ngeri sedap” .. 🙂

            Oleh karena itu saya kira pesan-pesan tentang keharusan “mencerna” perlu selalu didengungkan, agar wadah ini benar-benar akan mencerdaskan,, karena menuntut pembacanya melakukan analisis berdasarkan data-data, petunjuk, maupun informasi, yang bisa ada di sini maupun dari tempat lain.

            Saya kira kita semua bisa berperan untuk itu, dan semoga warung ini bisa selalu menjadi bagian yang membuka wawasan dan mencerdaskan kita semua.

            Salam Bung Edi.

          • Bung Ghi, santai aja bung saya anggap kontra bung sampeyan tapi cerdas kontranya, hehhehe.. ya harapan kami pun sama seperti teman2 di warjager tapi ya proporsional juga lah bung, wah pinjam meminjam istilah saya juga tak pinjam istilah Bung Jalo (“lebih baik kita menjadi media yang pintar, ada kekurangan kita kasih solusi bukan malah berita menyesatkan”). tapi good job lah seperti bung ghi , bisa saling diskusi saling share saling ngelaba boleh juga asal jangan ngelaba semua isinya… bung kalo mencerna info saya mah langsung saya telan mentah2 soalnya pencernaan saya dah otomastis tahu mana yang musti di serap mana yg jd garbage. dulu jamannya pemilik warung bung diego blom kasih ruang buat temen temen yang lain sumbang artikel di sini ya tidak seramai ini (itu nilai plusnya) tapi jangan sampai nti jadi sama dengan warung sebelah. temen2 cuma saling kejar pertamax bukan baca artikelnya duluan baru koment. esensi rame nya itu rame pengunjung atau rame diskusinya. maksud saya biar jkgr itu lain dari pada yang lain bukan hanya jadi media yang memindahkan penonton saja. tapi mendidik dan mencerdaskan.. ruang bercanda dan harapan2 yg “wah” boleh2 saja. media ini yang baca dari pak tani sampai pak lurah lho bung. begitu saja ya bung ghi saya tak mundur dulu sit back. makasih

      • Wah, keren juga bung Jalo JKGR dijadikan salah satu acuan penilaian dari Tim pengadaan dan DPR. Nggak salah juga ni jadi pembaca setia JKGR. Benar dan setuju bung Jalo. Jangan sampai jadi bumerang itu clue-clue nya. Yang penting keinginan rakyat yang terwakili di JKGR ini dijadikan salah satu acuan….Mari kita kurangi clue-clue… yang memberikan “GAMBARAN GHOIB”., tentang kepemilikan alutsista kita.

        • Iya bung iwoy, apa yg dikatakan bung Jalo tepat.
          JKGR, bisa menjadi acuan bagi bapak2 pengambil keputusan untuk menentukan arah pembangunan kekuatan TNI.
          Narasumber dan anggota warjag banyak yg pinter2 he he he
          Keputusan dari pengambil kebijaksanaan salah satunya juga melihat Opini publik, mungkin salah satunya bisa mengambil dari artikel atau komentar dari JKGR dan warjag.
          Opini dari warjag bisa plus atau minus bagi pengambil kebijaksanaan.
          Kita bisa memberikan , saran, kritikan, dll melalui JKGR, insyaallah semoga bisa langsung didengar oleh para pengambil kebijaksanaan.
          Mereka biasanyaa SR lho he he he tapi mereka sering buka JKGR he he he kangen komentar/opini dari warjag.
          Nah berikan opini yg cerdas.
          Salam

          • Sebetulnya “wasitbbesarbesarnya” juga jd SR disini.KKasKadangttersentersenyum melihat “seru & ramainnyanya diskusi sehat” yg di lakukan Warjager’s semua. Apa yg disampaikan bung Jalo mengenai susahnya tim pengadaan bekerja tuk meyakinkan “warga DPR” hrs di apresiasi & support habis.
            Intinya kita hrs bijak dlm berdiskusi.

    • Bukannya f5 buatan asu. Apa boleh di upgrade di perancis. Tapi kalo beneran yah lumayan bisa bawa phyton 5 sama mesinnya di ganti snecma biar tambah kenceng. Kalo beneran iya. Beli mig 21 ajah yang banyak sama mig 23 kan harganya cuman 300-500 ribu dollar ajah. Di refurbish sendiri, yang penting banyak. Tapi ada tapinya. Juragan minyak muring2 nagih avtur su24 kapan datangnya dan beli berapa biji hehehe.

    • Klo ndak salah F5 yg hibah itu bkn dr Korsel..tp dr Taiwan..brgkt dr Guam..msuknya lwt kepala burung.. dari situ dikawal sm elang botak.. Inget gk komplain Nugini yg ktanya ada F5 kita Seliweran di atas udara mrk.? Trs dibantah klo F5 itu kndangnya di Iswahyudi, bkn di Papua.? Cwiiw 🙂

      • Dari Korsel ada juga tawaran hibah 1 skadron bung…tapi release-nya sama AU-1 ditolak dengan alasan spek-nya beda dgn F-5 milik Garuda…cuma real-nya dak tau juga ya…siluman kilo release-nya batal ternyata berenang juga to di kolam kita…

          • kalau ditolak berarti harus ada penggantinya karena hibah itu bagian dari bonus pembelian golden eagel,,,

            Hayo kira kira apa pengganti bonusnya ?
            Atawa GE nya jadi mutant atawa jumlahnya GE nambah
            hehehehehe

          • Pendapat saya Baby Falcon kita jadi 2 skadron nantinya, kalo release resmi-nya kan T-50 GE tanpa radar, tapi kayaknya sebagai kamuflase…realnya FA-50 GE dgn radar kita pasang sendiri biar tetangga pada bingung gimana kemampuan baby falcon ini

  2. Klo yang tinggal di sekitar madiun dan nganjuk coba di dengar dan diperhatikan hampir tiap malam pespur kita latihan..pespurnya di parkir di iswayudi (madiun), Abd. Saleh (malang), Juanda (surabaya) kemungkinan pespur yang sdh di publish (plus) trus yang di parkir di grati (pasuruan) kira2 pespur jenis apa ya??…..soalnya kan runway nya langsung akses ke laut.. apa si cocor ya?

  3. Jadi headline harian surya kemarin ini? 219 pesawat? Wuih?.. ya tinggal dihitung yang inventaris kuno sama yang baru. Kalau bunyi suara kemrincing renyah ya berarti ada yang beda. Tinggal tunggu siaran ulang tvri ini. Sayang gak bisa nonton, pas hari kerja.

  4. barusan pukul 10.20wib terdengar auman suara jet kenceng dikota saya?
    sepertinya dari arah barat menuju jawa timur?
    tidak seperti biasanya,makanya orang-orang pada keluar tapi herannya gak ada yang liat tuh wujud pesawat…
    pesawat tempur apa dan ada misi apakah?
    *mohon pencerahan para sesepuh.

  5. Jangan terlalu berharap akan dipublish, dan sampai kapanpun ga akan dipublish, Klw memang itu barang semua benar adanya pasti akan dibuka dan direlease jenisnya tetapi tidak untuk kuantitasnya. Berharap itu bagus tapi klw tidak terealisasi kekecewaan yang akan didapat. Dengan ada atau tidaknya barang tersebut yang penting kita warga Indonesia bisa hidup tenang dan damai karena para pengawal negara selalu siap thd ancaman dr manapun termasuk dari dalam negeri sendiri.

  6. Jadi Ingat clue salah satu sesepuh di mari, kalo pengadaan mainan hulubalang NKRI di era SBY ini jauh lebih menggetarkan dibandingkan era Trikora dulu. Baik kualitas dan kuantitasnya. Ada yang masih Ingat..??
    Negara seluas benua eropa ini dikawal 2 KS dan 16 Sukhoi??

  7. terlalu banyak yg bocor,,mkx langsung di banting ma bung jalo,,hehehe,,mau hoex ato tdk,,tetap aja ane cinta TNI di semua matra,,perang vietnam tdk di tentukan pada peralatan tempur modern,,tp toh bisa mengusir asu,,trus perang hamas vs israel,,bayangin milisi lawan tentara modern bersenjata lengkap,,toh tdk mampu jg menundukan hamas,,hehehe maaf cm pendapat orang yg lg mumet.hahaha

  8. Daftar pesawat yang diterbangkan memang berbeda dengan daftar pesawat yang diparkir (termasuk dalam hanggar khusus). Inspeksinya juga berbeda, kalau untuk konsumsi masyarakat ya liat yang diterbangkan saja, sedangkan inspeksi hanggar khusus tertutup untuk tamu VIP saja.

  9. salam persatuan dan kesatuan warga warjager,..salam hormat sesepuh warjager :

    Mohon maaf jika boleh berandai andai,rincian DEFILE matra udara HUT TNI-69 sbb :

    Total unit = 222

    – PESAWAT TEMPUR :

    – Sukhoi 27 / 30 ……………….. 12 unit ( new )
    – F-16 block 25 ID …………….. 06 unit ( retrofit – new .. setara block 52 )
    – F-16 block 15/25 ……………. 10 unit ( reguler )
    – T-50 Golden Eagle ………….. 12 unit ( new )
    – Super Tucano ………………… 08 unit ( new ) .( 12 unit akan segera datang )
    – Typhoon ……………………….. 06 unit ( new ) ( order : 2 skuadron /bertahap )
    – Hawk 109 / 209 ……………… 12 unit ( reguler )
    ===============================================================
    – total …………………………….66 unit pesawat tempur ( 50 unit – pespur baru )
    ===============================================================

    PESAWAT ANGKUT BERAT, SEDANG, RINGAN :

    – Hercules C – 130 …………… 06 unit
    – CN – 295 ……………………. 06 unit
    – CN – 235 ……………………. 16 unit
    – CN – 212 ……………………. 16 unit
    =========================================
    – total …………………………….44 unit
    =========================================

    PESAWAT INTAI / MARITIM :

    – CN – 235 MPA……………… 06 unit
    – CN – 212 MPA …………….. 06 unit
    =========================================
    – total ……………………………. 12 unit
    =========================================

    PESAWAT LATIH RINGAN / AEROBATIK :

    – Grop G-120 ………………… 09 unit
    – Wong Bae …………………. 06 unit
    =========================================
    – total …………………………….15 unit
    =========================================

    HELICOPTER TEMPUR / SERANG / AKS / ANGKUT :

    – MI – 35 ………………………. 05 unit
    – MI – 17 ………………………. 08 unit
    – Apache AH-64 …………….. 02 unit
    – NBO 105 …………………… 12 unit
    – AS-550 Fennec …………… 06 unit
    – H-61 Tiger …………………. 06 unit
    – EC – 725 Caugar …………. 06 unit
    – AS – 565 Panther ………… 06 unit
    – Bell 412 EP ………… …….. 08 unit
    – Bell 402 ….. ………… …….. 10 unit
    – Bell 205 …………… …….. 10 unit
    – Super Puma ………………. 06 unit
    ======================================
    – total ……………………………. 85 unit
    =======================================

    mohon maaf jika ada salah penulisan dan jumlah …… maklum tukang cangkul klotok….

  10. Selamat Ulang Tahun Bapak Presiden.. Semoga selalu diberikan Kesehatan Jasmani & Rohani, agar terus dapat Mengabdikan diri untuk Bangsa ini lwt Pemikiran & Ide2 nya. Semoga Bapak & Keluarga selalu dalam Lindungan Allah SWT, dijauhkan dr segala Marabahaya. Amin.

  11. Sy pribadi pinginnya acara tsbut (juga)bs brlangsung di natuna..tanjung dato..batam..atau tmpt2 perbatasan dgn negara lain..biar mrk pd tau potensi militer negara kt..
    Ratusan pswt Indonesia terbang dkt prbtsn pasti mmbuat negara2 tsbt spt sdg mimpi..mimpi buruk!!