Spanyol Mulai Kerjakan Fregat F110 pada Bulan Mei

Desain fregat F110 Angkatan Laut Spanyol © Kemhan Spanyol

JakartaGreater.com – Fregat kelas baru untuk Angkatan Laut Spanyol akan mulai dibangun pada bulan Mei tahun ini, menurut konfirmasi dari Kementerian Pertahanan Spanyol, yang dilansir dari laman Naval Today pada hari Senin.

Lima fregat baru kelas F110 akan dibangun oleh pembuat kapal Spanyol, Navantia di bawah kontrak senilai € 4,3 miliar atau sekitar $ 4,9 miliar yang telah disetujui oleh Kementerian Pertahanan (Kemhan) Spanyol pada bulan Desember 2018.

“Kapal pertama dari fregat kelas baru ini diharapkan dikirim pada tahun 2025 sedangkan yang terakhir pada tahun 2030 atau 2031”, katanya.

Fregat F-110 adalah kapal perang permukaan multi-misi generasi berikutnya Angkatan Laut Spanyol. Fregat akan terlihat dengan pengenalan Combat Management System (CMS) yang berkembang dan radar solid-state S-band baru dengan tujuan untuk memajukan kemitraan antara industri Amerika Serikat dan Spanyol.

Desain fregat F110 buatan Navantia untuk Angkatan Laut Spanyol © Navantia

Lockheed Martin, perusahaan Amerika Serikat yang nantinya akan bertanggung jawab untuk pengembangan dan penempatan sistem manajemen tempur (CMS) Aegis, dan sudah bekerja sama dengan perusahaan Indra dari Spanyol, mengenai integrasi sistem radar S-band solid state terbaru yang dikembangkan untuk fregat F-110 itu.

Menurut Kemhan Spanyol, fregat F-110 akan memiliki panjang 145 meter dan bobot 6.100 ton. Mereka akan dilengkapi dengan senjata utama 5 inci, rudal Harpoon, peluncur torpedo, dua meriam 30 mm dan sistem peluncur vertikal (VLS) 16 sel.

Fregat F-110 akan menggantikan fregat kelas Santa Maria milik Angkatan Laut Spanyol yang telah beroperasi sejak tahun 1986.

Tinggalkan komentar