Program Drone Masuk Desa

UAV EITAN
UAV EITAN

Jakarta – Bukan TNI saja yang masuk desa, tapi juga drone alias pesawat tanpa awak. Presiden terpilih Joko Widodo (Jokowi) akan membuat ‘program drone masuk desa’. Saat ini program tersebut masih dalam proses kalkulasi.

“Itu kan baru mulai untuk pertanian, paling harganya Rp 25 juta per unit. Itu bisa 10 sampai 15 wilayah. Tapi belum tahu, memang yang paling penting itu manfaat yang konkret,” kata Jokowi di Balai Kota, Jakarta Pusat, Rabu (10/9/2014).

Jokowi mengatakan saat ini rencana membuat ‘program drone masuk desa’ masih dimatangkan. “Masih dalam proses kalkulasi,” katanya.

Dalam pertemuan dengan Jokowi membahas UU Desa pada Selasa 9 September, politikus PDIP Budiman Sudjatmiko sempat menyinggung soal drone tersebut. Menurutnya drone ini akan berguna untuk membantu memetakan lahan dan keadaan di desa.

“Satu drone heli harganya sekitar Rp 5 – Rp 25 juta. 10 Desa misal punya 1 drone. 1 Pesawat heli bisa 2 jam terbang menangkap pemetaan 100 hektar dengan inframerah. Pemetaan bisa selesai dalam 1 hari selesai,” kata Budiman usai bertemu dengan Jokowi di Balai Kota, Jl Medan Merdeka Selatan, Jakarta Pusat. (detik.com).

Sharing

Tinggalkan komentar