Maduro Memulai Latihan Militer Terbesar di Venezuela

Presiden Venezuela Nicolas Maduro secara resmi meluncurkan latihan ‘paling penting’ dalam sejarah, bersiap untuk mengusir setiap potensi invasi setelah Amerika Serikat dan sekutunya mendukung memproklamirkan diri sebagai ‘presiden sementara’ Juan Guaido.

World News melaporkan bahwa latihan yang dimulai sejak hari Minggu tersebut akan berlangsung hingga 15 Februari dan akan menjadi latihan militer terbesar yang pernah diadakan negara ini dalam sejarah 200 tahun, Maduro menegaskan kembali, ketika ia tiba di negara bagian Miranda Utara untuk melihat peralatan militer.

“Kita harus bersiap untuk membela kedaulatan [Venezuela], integritas teritorial, kemerdekaan,” kata Maduro. Ia tampaknya khawatir bahwa seruan Washington untuk perubahan rezim dan dukungan agresif Guaido mungkin meningkat menjadi invasi militer langsung.

Mengakui Guaido sebagai pemimpin negara yang sah, Presiden Amerika Serikat Donald Trump menegaskan bahwa keterlibatan militer langsung di Venezuela adalah “sebuah pilihan”.

Guaido, yang menyatakan dirinya sebagai ‘presiden sementara’ Venezuela pada Januari dan mendapat restu langsung dari Amerika Serikat dan sekutunya di Eropa dan di seluruh Amerika Latin, tidak mengesampingkan bahwa ia mungkin harus membuat keputusan “kontroversial” untuk “mengotorisasi” “Intervensi” kemanusiaan”.

Maduro telah menyatakan bahwa Angkatan Bersenjata Nasional harus siap untuk membela Venezuela setelah Guaido menyatakan dirinya sebagai presiden sementara negara itu, menuduh Washington mengatur kudeta di negara Amerika Latin itu.

Sumber: Fars News

Leave a Comment