AS Perpanjang Umur F-5 Tiger II

JakartaGreater.com – Pentagon mengumumkan rencana untuk memperpanjang masa pakai pesawat tempur F-5 Tiger II pada Selasa kemarin. Departemen Pertahanan AS (DoD) pada 12 Februari menyatakan, Northrop Grumman telah mendapat order Naval Air Warfare Systems Command untuk merancang perangkat tambahan yang akan memperpanjang masa pakai 44 pesawat tempur F-5N/F Angkatan Laut dan Cadangan Korps Marinir.

Northrop Grumman dianugerahi kontrak sebesar US$ 16,8 juta untuk pemeriksaan pesawat, perbaikan, overhaul, perbaikan darurat, modifikasi, dukungan teknik dan pengadaan komponen struktural yang diperlukan untuk memperpanjang masa pakai dan operasional pesawat tempur F-5N / F.

Pekerjaan tersebut diperkirakan akan selesai pada September 2019, rilis laporan Departemen Pertahanan AS.

F-5 Tiger dikembangkan oleh Northrop Grumman untuk pasar ekspor melalui Military Assistance Program (MAP) pada bulan Februari 1965. F-5 Tiger awalnya ditawarkan sebagai calon pesawat tempur ringan untuk AS, tetapi menjadi sangat populer untuk pasar ekspor di luar negeri.

F-5N buatan Northrop Grumman Corporation adalah pesawat tempur berkursi tunggal, bermesin ganda, dan pesawat tempur taktis yang memberikan pelatihan simulasi tempur udara-ke-udara. Sedangkan F-5F adalah versi dua kursi, pesawat latih tempur taktis yang biasa digunakan untuk pelatihan dan taktik pertempuran musuh. F-5N/F bertindak sebagai pesawat latih agresor dengan kemampuan menjadi pesawat tempur musuh dalam mode pertempuran udara.

DefenceBlog

Sharing

Tinggalkan komentar