Su24M dan Su-30 Rusia Berlatih Intensif Isi Bahan Bakar Udara

Rusia berlatih intensif melakukan pengisian bahan bakar di udara pada pesawat tempur Su-24M dan Su-30 di Baltik. Pada awal Februari 2019 kemarin, Rusia menerjunkan sekitar lima belas pesawat tempur yang melakukan latihan mengisi bahan bakar dari pesawat tanker IL-78 pada siang hingga malam hari.

Skenario latihannya sama setiap waktu. Armada Baltik Rusia tidak memiliki pesawat tanker udara sendiri sehingga menggunakan pesawat Il-78 milik Angkatan Udara Rusia yang berpangkalan di Rusia tengah. Pesawat tanker tiba di Distrik Kaliningrad hanya untuk melakukan latihan pengisian bahan bakar dan kemudian kembali ke pangkalan setelah latihan selesai.

Menurut Rusia, pengisian bahan bakar pada malam hari lebih rumit karena hanya mengandalkan pencahayaan tambahan yang dipasang di pesawat tanker udara IL-78.

Terlihat intensitas pelatihan di Balik meningkat tajam karena pada bulan Juli dan Oktober 2018 Rusia “hanya” menerjunkan sepuluh pesawat tempur. Selain itu, latihan pengisian bahan bakar udara di Armada Baltik pada tahun 2015 hanya dilakukan oleh pesawat serang Su-24M dan bukan pesawat tempur multimisi Rusia.

Pesawat tanker Il-78 memiliki berat lepas landas maksimum sekitar 200 ton, dan menyalurkan setidaknya 10 ton bahan bakar untuk masing-masing pesawat selama penerbangan.

Proses pengisian bahan bakar biasanya dilakukan pada ketinggian 2 ribu hingga 5 ribu meter dengan kecepatan 500-600 km/jam, dan pesawat yang menerima bahan bakar mendekati pesawat tanker pada jarak 10-15 meter (menggunakan selang bahan bakar fleksibel).

Sebenarnya pengisian bahan bakar di udara dapat dilakukan pada ketinggian yang lebih rendah untuk menyembunyikan operasi pengisian bahan bakar dari deteksi radar dan sistem pertahanan anti pesawat musuh.

Defence24