Houthi Tembak Jatuh UAV Buatan Jerman Milik Koalisi Saudi

JakartaGreater.com – Pada tanggal 12 Februari, sayap media Houthis merilis video yang menunjukkan sisa-sisa kendaraan udara nirawak yang tidak disebutkan jenis dan namanya milik koalisi pimpinan Saudi. UAV ditembak jatuh selama bentrokan baru-baru ini di daerah al-Sawh di provinsi Najran selatan, seperti dilansir dari laman South Front.

Para pakar dapat mengidentifikasi UAV sebagai Luna X-2000, yang diproduksi oleh EMT Penzberg dari Jerman. UAV memiliki daya tahan 6 jam dan dapat melakukan berbagai tugas, termasuk pengintaian dan peperangan elektronika.

Pasukan koalisi yang pimpinan Saudi kehilangan setidaknya satu Luna X-2000 di Yaman sebelumnya, yakni pada Mei 2015. Jenis UAV kecil ini biasanya hanya aktif di sepanjang perbatasan Saudi-Yaman.

Houthi mengusir serangan besar-besaran oleh koalisi pimpinan Saudi di daerah al-Sawh dan menghancurkan beberapa kendaraan lapis baja buatan Kanada, pekan lalu. UAV buatan Jerman ini ditembak jatuh pada pertempuran yang sama.

Tahun lalu, pemerintah Jerman mengatakan bahwa mereka tidak akan menyetujui ekspor senjata baru ke Arab Saudi atas pembunuhan jurnalis Washington Post, Jamal Khashoggi. Namun, tetap terbuka pada kontrak yang sudah disetujui.

Sharing

Tinggalkan komentar