Home » Alutsita Canggih » Tak Perlu Membentuk Pasukan Uni Eropa – Menhan Swedia

Tak Perlu Membentuk Pasukan Uni Eropa – Menhan Swedia

JakartaGreater.com – Menteri Pertahanan Swedia Peter Hultqvist pada hari Jumat mengatakan bahwa dirinya tidak mendukung gagasan untuk menciptakan Pasukan Uni Eropa, yang sebelumnya diusulkan oleh beberapa politisi Eropa, seperti dilansir dari laman Sputnik pada hari Jumat.

“Kemitraan yang mendalam dengan NATO serta ikatan trans-atlantik penting bagi kebijakan pertahanan dan keamanan Swedia. Swedia mendukung kerjasama erat antara Uni Eropa dan NATO, akan tetapi saya tidak melihat perlunya menciptakan Pasukan Uni Eropa atau perluasan markas militer Uni Eropa”, kata Hultqvist.

Uni Eropa (UE) serta NATO berbagi mayoritas anggota mereka. Namun demikian, negara-negara Eropa juga berusaha untuk memperkuat kerjasama dalam bidang pertahanan mereka di dalam Uni Eropa.

Jens Stoltenburg, Sekretaris Jenderal NATO © Anadolu

Gagasan tentang Pasukan Uni Eropa telah diangan-angankan oleh sejumlah politisi utama Uni Eropa, termasuk Presiden Prancis Emmanuel Macron dan juga Kanselir Jerman Angela Merkel. Yang terakhir juga menyarankan bahwa pasukan gabungan ini bisa menjadi pelengkap bagi aliansi NATO.

Namun, kepala pertahanan dan kebijakan luar negeri Uni Eropa Federica Mogherini membantah pembentukan Pasukan Uni Eropa pada bulan November, sama seperti Sekjen NATO, Jens Stoltenberg memperingatkan bahwa upaya Uni Eropa ini tidak boleh bersaing dengan aliansi, yang ia sebut landasan bagi keamanan Eropa.