Gripen E Bukan Lawan Su-35

JakartaGreater.com – Komandan Angkatan Udara Swedia, Mats Helgesson, pernah menyatakan pesawat tempur multi-peran Saab Gripen E dapat dengan mudah mengalahkan jet tempur Sukhoi Rusia dalam pertempuran udara.

Menurut Halgesson, Saab Gripen E Swedia diciptakan tepat untuk menghancurkan pesawat tempur buatan Biro Desain Sukhoi Rusia. Saab Gripen E memang tidak memiliki kualitas siluman atau fighter jarak jauh, namun jet tempur Swedia dilengkapi dengan sistem peperangan elektronik canggih.

Igor Korotchenko, pemimpin redaksi majalah Pertahanan Nasional Rusia, percaya pernyataan Komandan Angkatan Udara Swedia memperlihatkan kekurangan pengetahuan dari Komandan tersebut.

Menurut Igor, Saab Gripen E tidak akan mampu bersaing dengan jet tempur Sukhoi, karena pesawat Swedia termasuk dalam kelas pesawat tempur ringan, yang berarti bahwa Gripen tidak mampu membawa persenjataan dalam jumlah besar.

Selain itu, seseorang masih harus mempertimbangkan faktor-faktor lain, seperti misalnya pelatihan pilot, kata Igor Korotchenko.

Ditempat lain, instagram fighter Bomber Rusia menyatakan, semua pesawat tempur bisa dikalahkan, bahkan seekor burung bisa menjatuhkan sebuah pesawat tempur.

Namun terkait pernyataan Komandan Angkatan Udara Swedia Mats Helgesson, dirinya tidak setuju dan menyatakannya sebagai omong kosong.

Tinggalkan komentar