Korea Selatan Intersep Pesawat Intai China

Korea Selatan mengerahkan pesawat tempurnya untuk mencegat sebuah pesawat militer China yang memasuki zona pertahanan udara Korsel, yang disebut KADIZ.

“Pesawat memasuki zona identifikasi pertahanan udara negara itu, yang disebut KADIZ, sekitar pukul 8:03 pagi di dekat Pulau ieo dan keluar pada pukul 8:27 pagi,” kata Kepala Staf Gabungan Korea Selatan dalam sebuah pernyataan.

Pesawat Tiongkok itu diyakini sebagai pesawat pengintai militer. “Ini memasuki kembali KADIZ pada pukul 9:34 pagi di dekat kota tenggara Pohang, dan terbang antara Ulleung dan pulau-pulau paling timur di Dokdo, akhirnya meninggalkan zona pertahanan udara pada pukul 12.51 siang,” tambah Kepala Staf Gabungan (JSC).

Angkatan Udara Korea Selatan mengerahkan jet tempur untuk melawan pesawat militer China yang terbang di wilayah pertahanan udara negara tanpa pemberitahuan dan mengirim pesan peringatan, kata Kepala Staf Gabungan.

Departemen Pertahanan Korea Selatan dan Kementerian Luar Negeri berencana untuk mengajukan protes terhadap China karena memasuki KADIZ tanpa pemberitahuan.

Bagian dari KADIZ tumpang tindih dengan zona pertahanan udara yang diklaim oleh Cina dan Jepang, dan menjadi sumber ketegangan potensial di antara kekuatan-kekuatan regional tersebut, tulis media Yonhap.

Zona KADIZ didirikan pada tahun 1951 selama Perang Korea oleh Angkatan Udara Amerika Serikat untuk memblokir pasukan komunis. Pada tahun 2013, sebagai tanggapan terhadap pembentukan zona Cina yang mencakup wilayah yang disengketakan, pemerintah Korea Selatan mempertimbangkan untuk memperluas zona tersebut dengan memasukkan pulau-pulau Marado dan Hongdo, dan Ieodo, kepulauan berbatu ke dalam Zona Ekonomi Eksklusif Korea Selatan dan Cina yang tumpang tindih.

Defenceblog

Tinggalkan komentar