Militer Rusia Kirim Su-27 Cegat Pesawat Mata-Mata Swedia

Su-27 (foto:Sputnik)

Satu jet tempur Su-27 Rusia diterbangkan pada 19 Februari untuk mengidentifikasi dan mencegat target udara yang mendekati wilayah udara Rusia di atas Laut Baltik, kata Kementerian Pertahanan Rusia, Jumat.

Kementerian Pertahanan Swedia sebelumnya mengklaim bahwa jet tempur Su-27 Rusia diduga mendekati dengan jarak “berbahaya” sekitar 20 meter (sekitar 65,6 kaki) ke pesawat pengintai elektronik Swedia di atas Laut Baltik.

“Sebuah jet Su-27 pada tugas pertahanan udara bergegas untuk menentukan asal target,” kata kementerian Rusia dalam sebuah pernyataan.

Menurut pernyataan itu, jet tempur Rusia mendekati target pada jarak yang aman untuk identifikasi visual dan mengklasifikasikannya sebagai pesawat pengintaian Gulfstream dari Angkatan Udara Swedia.

“Jet tempur Rusia kembali dengan selamat ke pangkalannya setelah pesawat asing itu terbang jauh dari perbatasan Rusia,” kementerian Rusia menekankan.

Pada awal bulan ini, militer Rusia melaporkan telah melihat 24 pesawat pengintai asing di dekat perbatasan dalam seminggu dan harus berebut jet empat kali untuk mencegat pesawat asing.

Sumber: Sputnik News

Tinggalkan komentar