Ukraina Tawarkan Sistem Rudal “Neptune & Velyka” Ke Pasar Internasional

Sampel eksperimental rudal jelajah Neptunus ditembakkan selama uji terbang pada 20 Januari.
(Foto oleh Dewan Pertahanan dan Keamanan Nasional Ukraina)

JakartaGreater.com – Spetstechnoexport, bagian dari Ukroboronprom, untuk pertama kalinya menampilkan model kompleks rudal anti-kapal “Neptun” alias Neptunus dan sistem tembakan presisi tinggi “Velya” di Pameran Internasional Industri Pertahanan dan Militer IDEX-2019 di Uni Emirat Arab. Pengembangan unit tempur yang kedua dilakukan oleh KB Ukraina “Luch”.

Masing-masing dari empat rudal jelajah “Neptun” mampu menyerang kapal perang dengan kedap air hingga 5.000 ton pada jarak 280 km (versi ekspor). Kompleks ini terdiri dari empat peluncur dengan empat rudal dan platform seluler. Berat satu rudal adalah 670 kg, dan hulu ledak fragmentasi-eksplosif adalah 145 kg.

Sistem tembakan voli presisi tinggi baru Ukraina “Velyka” dengan roket kaliber 300 mm dianggap sebagai salah satu yang paling kuat di dunia di kelasnya. Sistem ini dimaksudkan untuk mengalahkan tujuan dari jenis apa pun pada pendekatan yang jauh. Sistem ini mampu meluncurkan 12 rudal hanya dalam 45 detik. Pada jarak 120 km, rudal menghantam sasaran dengan deviasi maksimum hanya 30 meter. Pada saat yang sama, massa satu rudal 300 mm “Velyka” – 800 kg.

Kedua sistem didasarkan pada sasis ponsel KrAZ-7634.

Beberapa negara di Timur Tengah telah lama tertarik dengan “Neptun” dan “Vylcha”. Melakukan uji tembak yang sukses dari kedua rudal pada tahun 2018 menciptakan prasyarat untuk mencapai perjanjian spesifik dengan pelanggan asing potensial.

Sumber: spetstechnoexport.com